First War To Be Mother

By Iamsyadh - 13:41:00

Alhamdulillah sekarang udah berubah status, menjadi seorang ibu. huwaaaa Congratulation (to me).
Aku mau share pengalaman pribadi tentang proses melahirkan. semoga aja pengalaman ini bermanfaat dan bisa juga sebagai warning bagi para ibu yang sedang dalam masa kehamilan dan menanti proses kelahiran sang buah hati. dan mungkin masih belom ada gambaran, bagaimana proses melahirkan itu? apa saja tahapannya??
get start now!

Ahad, 24 April 2016 bertempat di RSU Bunda Margonda Depok, hemmm anank ku lahir di Depok (yg orang depok protes, emang kenapa kalo lahir di depok?) hiahhaha ngak kenapa-kenapa juga sih sebenernya :).
karena proses melahirkannya melalui operasi Caesar, jadi aku hanya aka share pengalaman mengenai proses Caesar (yaiyalah :| ). Padahal pengen banget Normal, menginat usaha yang sudah dilakukan, aku yakin bakal bisa lahiran dengan Proses Normal, yah tapi kalo ALLAH sudah Kun Fayakun kita bisa apa? kecuali bersyukur dan alhamdulillah masih diberi kesalamatan.
Kenapa lahiran Caesar? apa kehamilannya bermasalah?
kalo ditanya begitu, agak sedikit bingung jawabnya. tapi ada beberapa alasan medis yang memang membuat aku harus Caesar dan jalan Normal terlalu beresiko.
pertama : aku mengalami pecah ketuban duluan dan air ketuban terus menerus berkurang cepat i means keluarnya deres tanpa diikuti rasa mulas
kedua : Posisi bayi masih sungsang padahal sudah 36 minggu 4hari  ( tergolong premature karana belom melawati 37 minggu)
ketiga : kondisi air ketuban yang semakin sedikit tidak memungkinkan bayi untuk diputar mencari jalan lahir
 kenapa aku bingung jawabanya? karena selama masa kehamilan aku tidak mengalami masalah-masalah yang serius, dan alhamdulillah aku tergolong ibu hamil yang aktif beraktivitas meski diusia hamil tua. masih kuat keluyuran dan towaf di mall, rajin prenatal yoga, sedikit merasakan pegal-pegal atau mudah lelah yang biasa dialami ibu hamil. Jadi pas usia kehamilan 28 minggu dan dibilang posisi bayi masih sungsang, sedikit shock, dalam hati (kok bisa yah?). kondisi bayi normal namun agak sedikit kebesaran, jadi aku harus diet.
di pemeriksaan berikutnya usia kehamilan 32 minggu, diaknosa dokter masih sama, posisi bayi masih sungsang. Berdasarkan USG hasilnya menunjukkan ngak ada lilitan namun ukuran lingkar kepala bayi tergolong besar, dengan ukuran sebesar itu biasanya ukuran bayi yang siap untuk dilahirkan, tapi semuanya normal tidak ada masalah, mungkin bisa juga faktor keturunan ( keturunan kepala besar). dokter masih menganjurkan untuk banyak banyak sujud ( klik disinidan kneecheest. Diminggu ini dokter juga udah ngasih warning , kalo baby masih belom muter juga harus siap pilih tanggal buat Caesar.

Minggu ke 33+6 hari pemeriksaan lanjutan, semua kondisi normal, mulai dari air ketuban dan kondisi baby-nya ( selain sungsang).
Minggu ke 35+6 ( tanggal 20-April 2016)  hari kondisi masih sama, dan nanti di minggu ke 37 dokter mengusahakan untuk memutar si baby.
Hari sabtu tanggal 23/4/16 jam 22.30 pecah ketuban. Nah ini nih yang harus banyak dicari tahu para ibu hamil, pecah ketuban itu kayak apa dan gimana. Memang sih sebelumnya juga udah nyari informasi tetang pecah ketuban, dari buku dan cerita ibu-ibu. Tapi yang namanya teori yah,kalau udah kejadian udah lupa teorinya. Pecah ketuban yang aku alami ini awalnya dari kecing terlebih dulu, pas aku ganti baju tiba-tiba langsung  ngalir aja gitu dari paha deres kayak air kencing berasa kayak ngompol tapi tanpa rasa mules atau rasa sadar kalo kencing, jadi bener-bener ngk ngerasain apa-apa pas ketuban pecah. Karna belom sadar itu air ketuban, aku balik kamar mandi buat bilas, dan pas mau ganti baju lagi, tiba-tiba keluar lagi. Disitu langsung kepikiran “ apa ini air ketuban yah? “ , pas nanya tante apa yang aku alamin, langsung si tante ngecek dan bener bilang kalo ini air ketuban. Langsung deh grusah-grusuh bangunin semua orang dirumah dan langsung kerumah sakit. Dan ternyata si air ketuban ini kalo semakin kita banyak gerak air ketuban juga ikut keluar, dan pantesan itu baju aku bagian belakang udah basah kayak orang ngompol.
Sesampainya dirumah sakit, aku masuk ke bagian UGD, dan pak satpam langsung tanggap dan sigap buat ngelayanin dianterin ke ruang bersalin bukan ke UGD ( thumb up deh buat pak satpan di RSU Bunda Margonda ). Karena ruang bersalinnya ini cukup besar dan banyak ruangan – ruangan lain, aku masuk dibagian ruang observasi buat di cek keluhannya terlebih dahulu sebelum tidakan. Suster melakukan pemeriksaan dalam, dan bener itu air ketuban. Jadi aku udah harus siap untuk persalinan.
Sambil nunggu dokter datang aku ada pemerikasaan lain yaitu rekam jantung baby, ini pindah ruangan ke sebrang doang sih.
Intermezzo sebentar
Diwaktu yang sama diruang berbeda, juga ada pasien ibu lain yang lagi proses persalinan, tapi si ibu masih ngerasa mules, dan itu lagi teriak-teriak kesakitan sambil panggil-panggil dokter dan suster. Hadeuhhh bikin ikutan deg-degan dan ketar ketir, padahal udah berusaha tenang dan rileks, suara si ibu sebelah bikin perasaan jadi ngk karuan. Kebetulan dokter kita sama dokter Dian.

Back to main topic
Proses rekam jantung ini prosesnya dengan pemasangan alat yang ditempel di perut dan ada tombol yang ditekan saat kita merasakan ada gerakan diperut. Prosesnya sekitar 20menit ( kalo ngk salah yah, agak lupa) sambil nunggu dokter dateng. Pas dokter dateng dan langsung diperiksa, keputusannya sama harus operasi karna kondisinya juga udah ngk memungkinkan, air ketuban udah semakin menipis dan ngk bakal cukup kalo dipaksa buat proses kelahiran normal apalagi ngk ada rasa mules sama sekali. Ketersediaan air ketuban tinggal “5”. Ini nih yang aku ngk tau itu “5” dalam apa? Mili atau ukuran yang lain, udah ngk sempet nanya-nanya yang lain, yang ada diotak adalah tenang rileks bayi sehat semua lancar, apapun itu harus diterima dengan ihklas.
Jam 4pagi udah harus mulai puasa dan operasi dilakukan jam 10pagi. Kondisi perut laper dan dirumah sakit juga ngk ada kantin ( kekuranganya di RSU Bunda Margonda ketersediaan kantin, ada café tapi tutup itu juga ngk jual banyak makanan berat) . Akhirnya cuma makan nasi ama ayam goreng beli diluar ngk tau dimana.

Udah lah yah sambil masih ketakutan persiapan operasi, aku mulai telfon telfonan sama sodara buat minta doa. Please deh kalo diinget inget ini gue drama banget, semua om ditelfon sampe harus nahan tangis karena si om juga nangis. Errrr tapi beneran, belom pernah operasi berat selain kuret, kalo kuret kan ngk ada proses pembedahan dan sayat sayatan yah. Jadi kesannya gue sedang mengalami kondisi yang darurat.

Jam terus berputar, pikiran udah kayak naik turun sebentar tidur sebentar melek terus sampe jam 9. Semua dilakukan sesuai waktu tanpa ada waktu molor-moloran ( thumb up buat para suster yang udah prepared persalinan) jam 9 pindah lokasi lagi, dan itu ngelawatin banyak pintu pintu sampe ngk tau itu udah berapa pintu dan belokan emmmm begini toh ruang operasi ( waktu kuliah ngk pernah ngerjain atau observasi tentang bangunan rumah sakit, jadi sekarang baru tahu). Sambil nunggu persiapan ruang, aku cuma bisa liat para suster lalu lalang dan liatin jam, karena ngk ada benda - benda lain yang bisa diliat dan ngk ada anggota keluarga yang menemani even itu suami sendiri dan ngk boleh juga sih “clean area” .
Si dokter menyapa untuk menenangkan , si suster yang ngebantu benerin posisi badan karena aku udah mulai pegel dan ngk nyaman ama posisi berbaring dan itu berasa lama banget.
Jam 10 teng masuk ruang operasi disambut lagu nia daniati (lupa judulnya), para suster yang udah wira wiri dengan kostum biru muda yang mondar-mandir dan suara besi - besi yang trang treng trang treng. Lupa ada berapa suster, yang aku inget sih sekitar 3/4 suster.
Tahap awal oprasi adalah suntik anestesi di bagian punggung dengan posisi kita duduk dan memeluk bantal kecil, dibantu suster menahan punggung dan leher kita ( kayak meluk kita gitu deh #baper ). Hemm ini sih yah rasanya ngilu ( sakit pasti), apa rasanya sakit banget? ehmm ngk tau yah, kadar sakit orang berbeda-beda yang jelas sakit. Suntikan anestesi ini berlagsung cukup lama untuk sekedar suntikan doang yah, untuk aku ada 2kali masukin cairannya, cairan yang kedua adalah suntikan untuk pematangan paru bayi kadarnya 5ml, karena baby masih tergolong premature 36 minggu 3 hari ( sebelum 37minggu bayi masih tergolong premature). Sekitar 1 menit suntikan lansung posisi rebahan dan semuanya kayak di tipi tipi yang kau liat. Dalam hitungan beberapa detik aku udah ngk bisa rasain kaki bergerak, yang ada cuma nahan ngantuk karena tidur ayam dari jam 1 pagi. Ada 4 dokter, 1 dokter anestasi, 2 dokter obygyn, dan 1 dokter anak. Dan 2 dokter obygyn ini langsung masang kain kain hijau. Kayak yang di tv deh, diselimutin kain hijau dan cuma bagian perut yang keliatan. Sebelum selimutin kain hijau ini ngerasain kalo ada alat yang gerak diatas perut kayak nge-laser gitu emm ngk tau yah apa inih dan ngk keliatan karena dipasang batas antar wajah dan dada.
Diruang oprasi semuanya masih bisa ngobrol ternyata, dan termasuk aku diajak ngobrol juga padahal udah ngantuk banget. Dokter anestesi juga terus memantau kondisi si ibu, ngerasa mual, enek atau pengen muntahkan, karena itu semua harus ditahan, apalagi saat nanti dokter obygyn goyang-goyangin perut. Karena saat goyangin perut ini biasanya si ibu akan ngerasa mual. Tapi Alhamdulillah aku ngk negrasain sama sekali, apa karena udah ngantuk yah???. Sebelumnya sih bilang kalo bpleh gk sih tidur dok, ngantuk banget, kalo kata dokter sih ngk papa tapi ntar ngk bisa liat babynya kalo ngantuk. Mungkin sebenernya ngk boleh!. Sambil terus diajak ngobrol tiba tiba udah kedengeran suara tangis langsung deh “ ibu ini babynya udah keluar, laki laki yah” yaelah dok, sus udah tau keules dari USG. Setelah dibersihin langsung deh IMD itu, dan si bayi cuma nangis sambil gerakin mulut ke dada kanan dan tangan kiri ke dada kiri, dan ngk nyusu. Setelah setengah jam langsung babynya di bawa ke ruang incubator.

iamsyadh


Akhirnya yah cuma gitu doang toh, kok aku ngk ngerasain ada sayatan yah. Kata dokter dian “ tuh ngk sakit kan?” “iya dok sekarang ngk sakit ntar 2-7 hari?!@#$%^&&”. Setelah semua bersih langsung dibawa ke ruang lain,masih sama sih dalam bagian R. bersalin tapi di unit apa udah ngk tau, yang jelas disitu ada bebrapa kasur dan alat rekam jantung pasien. Karena masih kondisi anestasi jadi ya udah ngk sadar semua. Suami juga ngk bisa nemenin, bisanya cuma nemuin bentar doang, selebihnya sendirian dengan suara tit tit tit. Badan menggigil sampe butuh 3rangkap selimut, semua AC dimatiin, dan semua pintu ditutup, tetep mengigil,untung si suster ini cepat tanggap deh.
Sambil nunggu sadar dari anestesi, kita disuruh terus belajar gerak-gerakin kaki, karena emang kakinya masih full anestesi. Sekitar 6jam baru dipindah ke kamar perawatan dengan kondisi kita pindah ke ranjang sendiri, uhhh ini perjuangan yah. Sesampainya dikamar perawatnpun kita jug amasih puasa, iuwwwww ampun deh lapernya udah ngk tahan, baru jam 7an deh baru bisa masuk makanan itupun juga air putih aja dan sedikit sedikit ngk boleh langsung tegak. Sambil pelan pelan makan bubur sumsum tapi kalo ada rasa mual harus berenti.
Kalo yang dibilang orang-orang itu kalo ceasar itu sakit banget dan ampe ngk bisa ngapa-ngapain, emang ada benernya sih. Seperti yang aku bilang di atas tadi, kadar sakit seseorang beda-beda pasca operasi kita pun harus bertahap geraknya, mulai dari gerakin kaki, posisi badan miring kanan kiri tanpa ngangkat kepala, duduk setengah tidur, sampe baru belajar jalan itu juga waktunya bisa 3-4hari. Tapi masih bisa ketawa walau ngk lebar banget, jalannya kayak nenek-nenek pake tongkat. Kalo di Bunda Margonda kemaren masa perawatannya 4hari. Lama yah? Kalo normal mah pagi lairan sore boleh pulang.
Sampe sekarang pun perut masih sering ngerasa nyeri kalo abis angkat-angkat, atau habis posiis tidur miring kanan dan miring kiri memutar ke posisi telentang, itu perut nyeri. Tapi semuanya harus disyukurin lah. bagi yang pernah ceasar juga jangan khawatir, masih ada peluang untuk lahiran normal kok dengan syarat jarak kehamilan 2-3 tahun. Yah bismillah aja semoga dikehamilan anak kedua nanti Allah memberi jalan kelahiran normal, aamiin.
Sedikit saran bagi ibu ibu yang akan menunggu proses kelahiran. Sebaiknya segera persiapkan barang-barang bawaan kerumah sakit sejak usia kehamilan 28 minggu, duh kok maish jauh banget deh. Kita ngk tau kapan tepatnya proses kelahiran, jadi persiapkan sedini mungkin. Karna waktu aku disaranain sama ibu suruh dipersiapkan dari awal aku sedikit membangkang, “ halah mah masih lama ini ”. sedikit takut malah nantinya jadi mancing buat cepet lahir. Entah kepercayaan apa yang dianut ini.

Bagi yang sedang menanti proses kelahiran, selamat berjuang semoga semuanya sehat ibu dan babynya, aamiin.
See yaa in the next post.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar