Channel Favorite Emak Emak (Review Channel Fav)

By Iamsyadh - 01:12:00

Tidak semua channel TV saya sodorkan untuk ditonton. Hanya Channel tertentu yang saya berikan, itupun setelah beberapa bulan saya tahu bahwa ternyata ada channel khusus balita. Biasanya saya putarkan Nursery Rhymes (dan karena ini saya jadi mau tidak mau menghafal playlist nya dan benar benar lullaby banget).



Channel pilihan saya adalah BABY TV , ada beberapa alasan kenapa saya memilih channel ini ketimbang kids channel yang lainnya.

  1. kontennya, masih diisi dengan bernyanyi dan tebak tebakan. Hampir semua cerita dan kartunnya bernyanyi, dan bukan full story.
  2. Visual, dari segi visual sudah banyak warna, walau ada beberapa program dengan kualitas gambar kartun yang kurang  mulus
  3. Masih dari segi visual, pergantian clip dari setiap scene juga lambat maksudnya adalah, setiap 10-15 detik baru ganti scene. Bila kita amati untuk jenis program animasi lain, contoh mudahnya adalah cerita anak Upin Ipin/Sopo jarwo, gerakan adengannya lebih cepat karena ada proses percakapan 2 orang atau lebih, sehingga dalam hitungan 10-15 detik kita bisa melihat 3-4 kali perubahan gambar. Sedangkan pada program-program Baby Tv, semuanya berjalan pelan, mata anak tidak dibuat terus bergerak cepat mengikuti perubahan gambar-gambar yang dilihat.  Scene berjalan sekitar 30detik tanpa putus scene. Ini juga salah satu alasan kenapa balita tidak disarankan menonton Televisi karena gambar yang dilihat berjalan cepat, membuat anak tidak fokus dengan apa yang dilihat. Sulit menerjemahkan apa yang dilihat,  tidak bisa dipungkiri ini juga menjadi salah satu penyebab Speech Delay pada balita. 
  4. Schedule, mungkin ini menjadi Tv anak yang memliki jadwal perintah pada penonton. Bahwa semua kegiatannya harus sesuai jadwal dan tertib. Memiliki theme song untuk setiap waktunya, pagi, siang sore dan malam, setiap lagunya juga mengajak untuk melakukan kegiatan rutin yang wajib dilakukan seperti, makan, mandi merapikan mainan, dan istirahat malam atau tidur.
  5. Acara - acaranya juga banyak yang educatif, seperti bernyanyi dan berhitung, bermain tebak tebakan, pengenalan hewan dan tumbuh tumbuhan. 
  6. Classic Instrumenal
THEME SONG dari Baby Tv Wonderfull day


kemudian diikuti oleh waktu siarnya, misalnya pagi ada lagu Morning song menceritakan kegiatan pagi untuk bersiap ke sekolah. 




Siang hari ada lagu Lunch Time , Afternoon song, Rainy Afternoon song, 



Evening Song




 dan Night Song



Saat jam malam tiba, biasanya dimulai pukul 20.30 WIB programnya dimulai dengan lagu lagu instrumental dengan efek efek visual yang benar benar membuat bayi dan ibunya tidur ( bahkan ibunya yang tidur duluan).

salah satunya adalah ini

Jadi plusnya channel ini adalah, kita tidak perlu ribet ribet buat buka buka file lagu lagu pengantar tidur untuk anak. ( ini juga tidak setiap hari saat tidur malam mendengarkan lagu ini).


SCEDULE BABY TV
Untuk schedule seperti yang aku kasih highlight diatas, jadwalnya padat merayap 😀. Banyak programnya yang hantya 1-3menit. Jadi saya juga bingung harus review yang mana karena memang banyak sekali program-programnya. Jadi saya review program yang saya hafal lagunya saya 😀.
ini adalah contoh jadwal program tv di babyTv.

check schedule here

PROGRAMMES
Setelah berkali kali ikut menonton program di Baby TV, sebenarnya acaranyapun diulang-ulang setiap hari. Namun selalu ada program baru atau alur cerita baru setiap bulannya. Banyak program program edukasi sebenarnya, tapi memang kalau kita pahami ini untuk anak yang sudah 3-6 tahun.
program yang aku suka salah satunya adalah "The Post Train"



Ini menceritakan seorang pria yang bertugas sebagai kurir barang dengan kereta api sebagai alat transportasinya. Tetapi mengalami kesulitan menemukan lokasi pengantaran, dan hanya diberikan clue untuk lokasinya. Seperti Gurun, Savana, Jungle, Forest, mountain. Dan sayapun hampir hafal dialog dan lagunya, karena cerita ini tidak hanya disajikan dengan pecakapan namun juga dengan lagu. Program ini mengajak anak untuk belajar dengan cara yang menyenangkan untuk menganl hewan dengan habitat aslinya. Untuk program ini memang dapat di download via youtube, namun dengan kualitas gambar yang kurang dan seriesnya tidak sebanyak Siaran langsungnya. 


Dan masih banyak lagi program program yang menyenangkan, ini seperti belajar juga bagi orang tuanya untuk mengenalkan hal-hal yang terjadi di kehidupan sehari hari. Masih banyak program-program menarik lainya, karena tidak bisa di jabarkan satu satu, bisa langsung cek disini


Selain channel baby Tv, saya juga memilih channel ZooMoo.Tv. Sesuai dengan namanya Zoo, Channel ini bannyak menyajikan program-program tentang dunia hewan. Kalau Baby Tv lebih banyak menyajikan dengan karakter kartun, untuk ZooMoo lebih banyak menampilkan karakter boneka hewan untuk cast programnya. Kehidupan alam bebas seperti Hutan hutan didunia, kehidupan dunia laut.

Ada banyak cast di tampilkan di zoomoo, dan starring cast si Ninja Gorilla dan banyak lagi, cek sini.
Sama seperti baby tv, disini juga bayak program-program educatif, belajar dan bernyanyi.




ZooMoo juga memiliki theme song seperti baby TV, jika baby tv lebih memilih kartun sebagai cast nya, untuk Zoomoo cast nya adalah anak anak


Untuk Scene gerakannya lebih cepat dibanding Baby Tv, karena ini levelnya sudah kindergarten , jadi memang lebih cepat.

Demikian sharing aku mengenai Channel Favorite ku bust Alif. Kadang niatnya itu mau download, namun apadaya "ngak sempet" atau ngak disempetin? 😊.
Sekali lagi ya pembaca, sebisa mungkin temani anak saat menonton Tv dan lebih baik sih ngak nonton Tv dulu, namun apa boleh buat, terkadang keadaan memaksa untuk memilih Tv sebagai solusinya.

Terimakaish sudah mampir dan membaca. Ikuti terus Poatingan aku selanjutnya . Insyaallah

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar