Shopping List Perlengkapan Bayi

By Iamsyadh - 19:55:00



Waktu yang ditunggu datang juga. Emmm ngk juga sih. Salah satu hal yang dinanti para ibu hamil selain menanti kelahiran adalah Shopping. Yap hunting perlengkapan Baby. Banyak cara buat memulai hunting perlengkapan bayi, dari Surfing the internet, nanya temen atau tetangga, dan nanya ibu. 

Kalo udah urusan belanja-belanja begini, ibu biasanya jadi tokoh utama yang mengambil alih urusan. Mulai dari apa aja yang harus dibeli dan NGAK BOLEH dibeli dulu sama kapan waktu boleh belinya. Tau dong ucapan para ibu-ibu yang entah mitos atau apa itu kalo “belom 7 bulan belom boleh beli apa-apa?” yaaa gue mah ngikut bae, walau kadang suka pengen aja beli 1 biji aja. Ngk pengen-pengen banget sih, Cuma kadang ada senjata “SALE” yang bikin pikiran, aji mumpung, tapi yaudah lah Puasa aja dulu, ntar juga ada waktunya, kalo lagi ngk sale yaudinn, emang belom rejekinya aja sale.

Biasanya yang heboh untuk mempersiapkan perlengkapan bayi sih emang para ibu ibu baru yah. Yah maklum baru pertama, jadi suka heboh dan out of control. Buat mengatasi ketidak kekontrolan ini, kita perlu banyak nyari info, apalagi internet. Kenapa internet, soalnya nih apa yang aku alami sekarang, ibu atau sang calon nenek nih kadang suka ngeyel dan ngotot harus ngikut cara jamannya dulu. Mean, apa yang dilakukan dulu terhadap gue juga harus gue lakukan ke anak gue. Hadeuh please deh mahhh *rolling eyes*. Ya emang sih ada benernya tapi ngk semuanya bisa kita implementasikan ke jaman sekarang, kita juga ngikutin jaman dan perkembangan info dong. Ada hal-hal yang jaman dulu sering dan biasa aja dilakukan, tapi sekarang berdasarkan saran medis dan efisiensi ngk bisa lagi. Iya ngk???. Dan untuk itu sih aku 50:50 , separu aku iya-in separohnya lagi, yaudah dengerin ajah , *hihiihi*.

Baru mulai mempersiapkan apa aja yang harus dibeli sih pas udah lewat 7bulan. Karna bulan-bulan sebelumnya sibuk buat persiapan 4 bulan dan 7bulan. Nah pas udah 7 bulan ini aku baru tuh searching apa aja yang mesti dipersiapin. Mulai cari daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli, barang apa aja yang mesti dibawa saat persalinan dirumah sakit. Dan nuntuk membuat daftar list barang ini nih, yang cukup we ow we WOW. Kalo diangan-angan kayaknya ngk bnayak, pas di list. Ampun DJ, itu banyak juga printilannya. Untuk buat daftar ini aku compare dari semua blog para mommy.

 Aku banding-bandingin dan aku review sendiri, kira-kira barang ini-itu perlu atau ngk. Perlu dibeli sekarang atau bisa dibeli nanti. Setelah aku buat list barang, aku searching lagi produk/merek apa yang mesti aku pake. Misalkan jenis pakaian merek velvet, fluffy, nova, libby, carter’s. Untuk produk body & skincare kita pilih jonhson, zwistsal, mothercare, sebamed, pure, cussons atau yg lain. Adalagi untuk produk baby gear. Semuanya aku cari hasil review nya, kandungannya dan nomer wahid adalah Harga dan kualitasnya. Dengan kita mendaftar semua kebutuhan bayi dan budget-ting begini, kita bisa kontrol loh pengeluarannya. Cari juga lokasi dimana kita mau beli, online kah atau hunting langsung kah. Nah buat yang hunting langsung nih kadang suka out of control, makanya itu kenapa price list barang sebelom membeli langsung ditoko itu penting. Yaini, dengan kita tau harga barang sebelumnya, kita bisa yakin apa yang wajib dan sunah buat dibeli. ( kok ribet sih?? Yah namanya juga pure ibu tumah tangga, duitnya ngk nyetak sendiri, harus pinter-pinter ngolah karna pengeluaran ngk cuma beli perlengkapan bayi. Biaya melahirkan juga dipikirain kan). Mari menjadi ibu cerdas. Ehem !

Selagi aku proses list barang yang harus dibeli inih, ternyata si Nyokap nyolong start duluan, dia beli perlengkapan bayi duluan *what?* *shocking face*. Karna emang pas ini lagi persiapan buat acara 7bulan. Alesan nyokap sih sekalian belanja baut 7bulan, ternyataaaaa ckckckkck. Barang yang dibeli nyokap sih ngk banyak, yah tapi lumayan lah. Barang yang pertama kali nyokap beli itu bedong, popok, baju atasan lengan panjang dan pendek, sarung kaki+tangan ( semua merek velvet), alas ompol (motif garis warna-warni), bantal guling +2 sarung ganti. Semuanya ini dibeli di toko Mae Bebe di bintaro. Dan tambahan kain buat sarung bantal beli kainnya di cipadu + jahitinnya disana, kalo diitung-itung sih harganya sama aja kayak beli jadi, bedanya motif dan bahan kita pilih sendiri.
Untuk review produk nanti bakal aku bahas di postingan selanjutnya yah. Nah ini aku tampilin list barang apa aja yang harus dibeli, sebagian udah aku beli sebagian lagi belom, jadi bakal aku terus update untuk list barangnya.

iamsyadh
List diatas bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing yah?, apalagi untuk urusan merk. Saran aku sih ngk perlu ikut-ikutan kata orang, liat punya orang atau iri. Semua disesuaikan dengan kemampuan kita aja, jangan asal beli karna orang juga pake itu, atau beli buat nyaingin orang. Karna nih ya ibu-ibu apa yang lagi aku alamin sekarang, karena banyak banget tetangga yang barengan hamil dan lahirannya deketan, kalo lagi nyari barang ginih, suka sirik-sirikan, iya ngk ish? Atau pengen nyaingin orang lain karna dia pake merek mahal. Yah namanya orang tua emang mau ngasih yang terbaik buat anak, tapi semua juga harus sesuai kemampuan kita kan. Mahal tapi ternyata ngk cocok??. Jadi useless banget kan?.
Nah alhamdulillahnya nih, Nyokap punya “lungsuran” baju bayi yang bagus-bagus, hihihi. Baju-baju atasan bayi, bedong, gurita, topi bayi, bantal guling, gendongan depan dan gendongan samping, diaper bag, rak baju, jemuran, kain-kain jarit, dan udah dapet hadiah stroller, hehe jadi bisa ngentengin pengeluaran bayi lagi nih uwuuwuuwwu. Tapi tetep aja sih masih banyak yang harus dibeli :( .

Beberapa tips dari aku soal perlengkapan bayi dan yang patut dipertimbangkan. 
  • Pakaian bayi aku saranan cuma beli 6pcs aja mualai dari baju atasan, kutung, panjang, pendek dan celananya juga. Karena dipakenya juga cuma 1-2 bulan, atau bahkan cuma 1bulan, jadi ngk perlu banya-banyak. Untuk barang ini aku ngk beli lagi, karna udah dapet “lungsuran”. Tinggal nambahin celan panjang+ pendek.
  • Bodyswuit aku cuma beli 3pc pendek dan 3 pc panjang. (dapet “lungsuran” juga walau cuma 4pc). Untuk bodyswuit sih option aja, bisa dibeli buat Newborn atau nanti aja pas udah +3month.
  • Bedong dan popok cukup beli 1lusin bahkan kata nyokap bisa 2lusin, apalagi kalo musim ujan, takut ngk kering, dan bayi juga masih sering buang air. ( dapet “lungsuran” lagi jadi belinya cuma 6pc ajah). Walau udah banyak saran dari medis kalo bayi itu ngk perlu dibedong, tapi aku masih ngikut saran nyokap buat bayi dibedong. Ngk full seharian dibedong juga kan, paling pagi sama malem kalo mau tidur, kalo siang biasanya bayi sih bedongnya dilepasin. Saran juga kalo bedong beli yang bahannya lembut ya bund, karena bedong ini kan istilahnya mengikat bayi dan dobelan buat bayi, jadi kalo bahannya lembut dan nyaman bayi juga ngk gampang rewel. Cari yang tipe bahan kaos flanel, dan standart untuk merek velvet itu bahannya oke kok, kalo bahan merek babychanz aku sih kurang rekom, bahannya sih kaos, cuma lebih lembut velvet. Itu sih buat aku yah.
  • Gurita bayi, kalo gurita saran cuma 6pcs aja, umur 2 bulan juga bayi udah ngk mau dipakein gurita,dan lagi-lagi saran medis juga udah ngk menganjurkan pake gurita karena bisa menghambat pernapasan bayi. Tapi aku tetep pakein, yah makenya juga ngk perlu singset-singset banget kan?.
  • Untuk popok sekali pake tetep aku siapin buat persiapan kalo pergi ( bayi sebulan mau pergi kemanah?) ya mungkin aja kan kontrol kerumah sakit?, kalo nyokap sih saranain beli pempers nya buat dipake mas malem aja, itu juga ntar pas aku balik kerumah sendiri, jadi kalo malem ngk perlu bangun bolak balik buat ganti popok. Karena intensitas ganti popok sama bayi minta susu itu lebih banyak bayi ngompol. ( jujur aku ngk tau bener apa ngk, cuma ngikutan saran dari emak yang udah ngelairin 4 anak).
  • Sarung tangan+kaki, kaos kaki dan sepatu sih ngk perlu banyak banyak, cukup sediaain 2 pasang aja, karena barang-barang ini kan sifatnya pelengkap, sarung tangan juga kadang suka lepas –lepas, dipakenya juga ngk full seharian. Emang sih harganya murah. Awas yang mumpung murah in bisa bikin pengeluaran membengkak!.
  • Slaber sebenernya juga belom butuh banget, karena kan slaber biasanya dipake buat alas makan sama alas iler, jadi bisa dibeli nanti-nanti aja. Kalo sapu tangan aku pake buat bersihin sisa-sisa ASI. Aku pilih bahannya yang kaos merek garber, karena kalo bahan anduk ( ada sih anduk yang alus) cuma kulit wajah bayi kan lebih sensitive, nanti pas diusap malah sakit.
  • Produk skincare dan mandi aku pilih merek Sebamed, karena berdasarkan review blog mommy, sebamed punya kandungan yang bagus buat bayi baru lahir, emang sih harganya naujubilehh, tips dapet harga murah nanti aku posting di review produk. Untuk shampo dan baby oil aku pake mothercare, semua produknya aku compare, ini bukan maksud buat coba-coba yah, karna review produk ini semuanya bagus kok, kandungannya juga aman buat bayi baru lahir. Ngk pake minyak telon cair karena pertama aku kurang suka baunya, terlalu menyegat, dan kalo cair makenya kadang juga ribet tumpah tumpah kebanyakan,jadi aku pake bebe roosie yang ada anti nyamuknya berbentuk cream, untuk bedak juga pake Mothercare liquid, dan lagi lagi saran medis yang model tabur juga kurang disaranakan.
  •  Ember mandi beli yang portable, alias bisa dipompa, jadi ntar pas berpergian bisa dibawa dan tinggal pompa aja, bisa dilepet jadi hemat tempat, kalo bak mandi yang plastik sih udah ada di rumah nyokap, hihihi.
  •  Perlengkapan tidur nih kayak Box bayi portable sih option aja, kalo ada rezeki ya boleh lah dibeli :) , klao box bayi kan bisa digeser-geser bisa dipake sampe bayi 3tahun, lah paling pakenya jug ampe 2 tahun doang, kalo bocahnya masih mau, karena pertimbangan aku dengan box bayi ini buat efisiensi juga, ada beberapa artikel yang nulis , "Para ahli kesehatan mengatakan tempat yang paling aman untuk bayi Anda tidur selama 6 bulan pertama adalah dalam buaian di samping tempat tidur Anda. Ini membagi risiko SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) dibandingkan dengan bayi tidur di ruang yang terpisah jauh dari orang tuanya. Hal ini juga lebih aman daripada tidur dengan bayi Anda di tempat tidur yang sama." . lagian posisinya kan disamping tempat tidur kita, jadi masih bisa dengan mudah ngontrolnya kalo bayi haus dan ngompol. Dari pada bayi harus tidur dikamar terpisah, itu mengurangi koneksi antar ibu dan anak. Nah jadi nanti kalo pas bayinya udah mulai aktive dia bisa maen di box bayi, atau pas lagi masak dan ngk ada yang jagain bisa digeser posisinya supaya kita bisa kontrol kegiatannya. Dari pada beli tempat tidur bayi model carry cot atau tempat tidur bayi yang bisa dibawa kemana mana yang ada kurungannya. Aku ngerasanya maaf ya ( kayak ayam :( )ini aku juga dapet lungsuran, dan belom tentu dipake sih, ini kan makenya paling cuma 1-2 bulan doang, kalo baby box kan lebih lama pemakaiannya dan bisa dilipet kalo udah ngk dipake. Memang harganya jauh lebih mahal bisa 800-1,5 jt tapi proses pemakainnya lebih lama dan fungsinya juga lebih banyak. Jadi pertimbangan untuk membeli tipe box bayinya.
  •  Kasur, bantal guling. Kalo niat beli baby box sih biayasanya udah ada kasurnya sendiri, nah tapi aku saranin dikasih tambahan lagi, dan siapin sarung gantinya, takut bayi gumoh, dan mesti ganti sarungnya.  Sleep positioner ini option aja, aku beli sih buat kenyaman bayi pas tidur, kalo bantal peyang ini harus karena bentuknya ada lubang dibagian tengah buat mengatur posisi kepala bayi tetep bagus. Kalo jaman nyokap gue dulu bantal adek gue dimasukin beras, jadi si bantal tetep ngikut bentuk kepala bayi (emang iya sih, kepala adek gue bagus).
  • Untuk perlengkapan berpergian kayak stroller gitu-gitu sih opsi juga sebenernya, kenapa aku bilang gitu??, jaman dulu orang ngk pake stroller kagak napa-napa.  Kayak yang aku bilang diatas, jaman berubah kita melihat efisiensinya kan, kalo dibilang efisien sih ngk juga yah, malah ribet kalo pergi-pergi bawa stroller, kita harus sediain tempat khusus buat naroknya, iya kalo punya mobil, kalo pake motor?. Dan kebanyakan si stroller ini kan pakenya di mall doang, sama bayi jalan-jalan kedepan rumah yang paling cuma 10-20m aja, iya ngk?. Atau argumen pembenarannya “kita kan ngk perlu capek-capek gendong dan biar anak ngk bau tangan, okeh semuanya punya alasan masing-masing, tapi tetep sih aku juga pengen sebenernya dan syukurnya udah dikasih hadiah duluan hahhahha :D . Stroller bisa jadi barang primer dan sekunder tergantung dari kita yah buk ibuk?. Ingat! Jangan beli karena orang lain punya. *noted
  • Baby Carrier, Gendongan bayi yang modern model gendong depan. Produk ini aku dapet “lungsuran” lagi (banyak amat dapet lungsuran? Maknaya manfaatin yah lungsuran dari sodara. Ngk perlu gengsi, kalo lungsurannya masih bagus why not? J ). Gendongan kayak gini jug ngikutin jaman kan? Modelnya lebih bagus dan simple makenya.  Tapi untuk gendongan model ini belom bisa dipake newborn, yah dengan modelnya begitu kan, aku juga dapet lungsuran model gendongan bayi samping. Padahal yang model jadul dan irit adalah pake gendongan kain, kalo orang jawa pake jarit batik. Iya kan lebih ekonomis, yah tapi kalo jaman sekarang ibu modern mana ada yang mau make kalo pergi-pergi, dan gue juga belom tentu mau make sih :P.
  • Breastpump juga salah satu produk yang aku jadiin wishlist aja bukan primer. Karena aku pribadikan pure ibu rumah tangga yang cuma ngengkrem dirumah, jadi bisa kapan aja memberi ASI, dan bukan ibu pekerja yang punya tanggungan ngasih ASI ke baby.  Ada beberapa pengalaman ibu yang bilang kalo mending ngk usah “merah” karena kan rasanya akan berubah sama ASI langsung, yah logika aja sih, ya pasti beda direct indirect . Itu sih “katanya” aku belom coba. Cuma ini aku persiapin dan bisa aku beli nanti setelah melahirkan (mungkin kalo belom ada rejekinya) karena mendekati bulan puasa, aku niatnya sih inshaalah tetep puasa full dan tetep bisa ngasih ASI, jadi pas siangnya kan tinggal pake ASIP, setelah buka bisa langsung ASI dari ibu.  Walau sebeneranya diperbolehkan bagi ibu menyusui untuk tidak berpuasa, tapi tetep gantikan?. Nah dari beberapa review merk Breastpump  aku sih udah wishlist untuk merek medela harmony manual, harganya lebih murah tapi kualitasnya bagus. Buat ibu rumah tangga yang dirumah aja sih saran aku beli yang manual aja, karena “memerah” ini kan bukan hal yang utama, sebagai pelengkap dan pembantu ajah. Kalo yang elektrik kan biasa dipake para ibu pekerja yang bisa dilakukan sambil mengerjakan pekerjaan kantor sambil duduk aja. Jadi pertimbangkan yah untuk memilih jenis breastpump nya? . untuk sterilizer juga masih wishlist karena mmebersihkan botol susu bisa dengan air mendidih, yah yang punya rejeki boleh lah beli, karena lebih simple dan efisien.
  • Storage  khusus bayi juga jangan dilupain yah? Banyak banget barangnya. Bagi yang punya space dilemarinya bajunya sih bisa di masukin, tapi kalo pengen punya lemari khusus sih oke aja. Aku pilih model rakitan. Modelnya simple dan ngk makan banyak ruang. Storage buat bedak. Minyak telon, dan alat mandi juga perlu untuk memudahkan dan lebih ringkes.
  • Breastpad aku pilih yang washable, jadi bisa lebih hemat dari pada yang sekali pake kan? Aku siapin yang disposable, kalo berpergian jauh, jadi lebih simple dan praktis.


Beberapa barang diatas ada yang aku beli online ada yang langsung hunting. Kalo produk bayisih biasanya banyak di toko-toko ITC jakarta hampir semuanya ada, cuma dari beberapa saran blog mommy sih dan aku sendiri ke ITC Kuningan deh, banyak toko baby disana, tapi aku lebih ke toko FANNY di lantai 4,tulisan tokonya warna ungu, dia banyak banget kiosnya, ada sekitar 3 atau 4kios deh, ada juga yang modelnya ngambil sendiri, disini juga ada bagian baby gear. Jual banyak macem ada juga barang mothercare di jual disini. Harganya emang lebih murah sih, kemaren aku sempet nanya harga Mustela Stretch Marks Double Action 150ml harganya 350rb kalo diluar harganya >500rb. Produk sebamed juga jual disini, banyak deh pookonya, silahkan hunting langsung.

toko fanny model pilih sendiri dan khsuus baby gear, cuma sempet fotoin yang ini doang.
Nah itu dia beberapa cara dan trik ku buat mendaftar barang apa aja yang harus dan ngk harus dibeli, kalo semuanya udah di manage gini kan lebih mudah buat kita, jangan gengsi-gengsi buat nerima lungsuran selama masih kondisi bagus.  Aku sengaja ngk memasukkan maenan atau semisal bouncer, karena ini sifatnya kan aksesories aja. Dan ngk perlu-perlu banget. Ingat yah?? Jangan gaya-gayaan!!.  Tapi semuanya kembali kepribadi masing-masing. Karena persiapan melahirkan ngk cuma di perlengkapan bayi tapi biaya rumah sakit yang WAW kalo liat nominalnya :((( . 

Terus kunjungi blog aku yah, bakal aku terus update karena sekarang lagi proses hunting-hunting lagi. Selamat belanja dan selamat menikamati proses kehamilan yang kian lama kian membesar. Keep healthy :)


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar