My Pregnancy Stories -asthma Attack-

By Iamsyadh - 23:03:00

Alhamdulillah,
udah memasuki kehamilan 31 Minggu, tapi masih gini-gini aja. belum ada persiapan yang "Greng" :(( . Padahal udah deket ihh 2 bulan lagi, insyaallah, amin. 
Disaat nulis blog ini, aku masih menggunakan jasa Rumah Sakit yang sama Bunda Margonda Depok. padahal rencannya pas usia kehemilan 28minggu mau pindah ke rumah sakit deket rumah nyokap. Tapi rencana adalah rencana, tetiba di minggu jadwal kontrol ke dokter malah tiba - tiba badan drop :(( .

Berawal dari suami yang terserang flu, dan langsung sangat cepat menular ke ibu hamil :(. Ditambah lagi kondisi badan ( kayaknya ) kecapean akibat bebenah rumah ( maklum murni ibu rumah tangga, udah ngk ada yang bantuin nyuci, alhasil nyuci sendiri -pake-tangan :(( ), dan hari weekend nya masih sempet buat jalan ke mall hihihi. Nah pas di mall itu minum es teh 2gelas, dan ternyata berdampak buruk dimalam harinya, makin batuk ngk karuan dan lansgunglah sesek napas. Ngk bisa tidur semaleman dan mesti ke tidur duduk dan pake pillow neck :( .Besok paginya beli Vicks Vapora, diolesin keleher aja ngk ngefek apa-apa, liat petunjuk ternyata bagus kalo dicampur dengan air panas. 1gelas air panas + 1 sendok teh balsom vicks, diaduk aduk dan hirup udaranya. Asli langsung bereaksi dan idung plong banget bisa nafas, tapi cuma bertahan beberapa menit aja, capek juga kalo bentar-bentar ngirup, apalagi kalo air nya udah ngk panas, ufffftttt mesti pake air panas lagi, begitu terus, sampe bisa tidur dan capek. Masih mencoba bertahan, dan yakin sembuh. Tapi kemaren sempet nyobain (nekat) minum obat batuk herbal, nanya ke apotik yang biasa diminum ibu hamil. Apotik kedua, Century  juga ngasih rekomendasi obat yang sama.
sumber obat batuk

masih sama belom ada perubahan yang berarti, tapi masih ngeyel untuk ngk pergi kerumah sakit terdekat. Karna masih mau ngepasin waktu kontrol dan rencana pindah rumah sakit, karna jadwal dokternya ada di hari rabu dan kamis aja. Tapi apa daya badan udah ngk kuat karna bener- bener ngk bisa napas. Memutuskan hari senin buat kontrol ke Bunda Margonda ( lagi ). 

Setelah dirumah sakit dokter akhirnya mneyarankan buat di Uap. Berkali-kali asma kambuh ngk pernah ngerasain di uap. Tapi ternyata di uap cuma gitu doang ( gaya sombong ) hehehe, abis itu lega bgt dan malemnya bener-bener bisa tidur pules bgt. Alhamdulillah.
Dokter juga ngasih resep obat, ada 3 jenis obat, dan menyarankan untuk stop dengan obat herbalnya karna si dokter ngk tau itu apa aja kandungannya ( yulisannya china semua ). Untuk ibu hamil memang tidak disarankan minum obat sembarangan tanpa ada resep dari dokter. Kenapa aku nekat minum obat herbal ini, karna sebelumnya udah nanya ke Apotekernya dulu dan beberapa ibu hamil juga minum makanya aku berani buat minum obat ini.

Ibu hamil memang gampang terserang penyakit, makanya kita harus bener- bener jaga kondisi badan, mungkin diri kita ngerasa sehat dan ngk papa setelah kerja seharian, tapi ada mahkluk lain yang ada di tubuh kita yang  mungkin dia sebenernya merasakan kalo tubuh kita harus berhenti  dan harus istirahat. Banyak minum air putih, itu harus walau beberapa dari ibu hamil sering ngeluh bikin bolak balik kamar mandi terus "capek" , emang sih bener banget, frekuensi ibu hamil buat kencing memang meningkat ditambah lagi kalo kita rajin minum air putih, huuuhhhhft bikin frekuensi naik 2x lipat. tapi air putih detox alami yang paling bagus kan???.
Dan juga ibu hamil bagus dengan tambahan minum Redoxon, bagi yang punya riwayat magh lebih baik diminum setelah makan, jadi lambung ngk perih, karna ada beberapa ibu hamil yang bilang kalo abis minum Redoxon perih, mungkin itu karna waktunya aja kurang tepat buat minumnya. 

Dan sedikit info bagi ibu hamil yang punya riwayat Asma, harus lebih jaga kondisi kesehatannya pas udah di minggu ke-28 atau menginjak 7bulan, karna asma bisa aja tiba-tiba kambuh. Memang gejala awalnya beda-beda, ada yang sama seperti aku, berawal dari flu ---> batuk ---> sesek napas --->ashma . Untuk penanganan cepat, lebih baik punya alat uap sendiri, jadi ngk perlu nunggu kerumah sakit, bisa dipake saat darurat, ngk kayak aku, nunggu hari 2-3hari buat berobat, padahal sebenernya weekend pun dokternya ada dirumah sakit ( kadang ).
kemaren sempet pake alat uapnya tetangga, emang sih hasilnya beda sama yang dirumah sakit, kalo dirumah sakit alatnya lebih bagus ( yaiyalah ) , dan hasil uapnya lenbih banyak, kalo yang aku pake itu merek omron , harganya sekitar 500-600ribuan belinya online, tapi kalo diapotik dijualnya 1jutaan, lumayan yah, Waktu itu terapisnya nyaranin buat 3x selama 3hari berturut-turut nguapnya, tapi aku cuma dateng sekali, lumayan juga kemaren nguap abis sekitar 250ribuan tapi selang dan masker uapnya boleh dibawa pulang.

Itulah pengalaman hamil dan baru merasakan drop dikala hamil. Semoga ada info yang bermanfaat yah???


ditunggu buat post berikutnya yah????

Have a great read :)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar