Anak Alif Mau Pintar

By Iamsyadh - 11:26:00

Anak bayi mau pinter, itu kata yang sering di ucap oleh para ibu-ibu senior ketika anak balita/batita terserang sakit, demam dan flu. Setelah menjadi ibu, semakin sedikit waktu untuk cari tahu tentang dunia per-ibu-an dan per-bayi-an. Yapp, waktunya sudah dihabiskan bersama bayi all day long, jadi kalaupun ada kesempatan megang HP ya sosmedan update status ala emak-emak norak yang selalu upload perkembangan anak. Pas anak sakit langsung deh kebingungan harus ngapain dulu. Padahal udah punya buku panduan loh si buku Anti panik, yah namanya juga teori kalau praktik suka wasalam deh. 

Pertama kali Alif terserang demam berawal dari batuk-batuk selama 2 hari kemudian langsung disambung pilek, karena belom pernah tau gimana bayi itu pilek, jadi agak ragu memastikan kalo dia itu beneran pilek apa bukan, karena kadang dia emang sering narik narik napas kayak orang pilek ( demen banget bikin orang tuannya kaget ). Mulai sadar kalau dia ini terserang demam adalah waktu malam mulai rewel dan minta gendong terus, padahal ngak biasanya dia itu rewel bahkan pasca imunisasi. Masih berusaha tenang kalo ini deman dan flu biasa yang terjadi. Keesokan paginya makin berat napasnya dan suara hidung terseumbatnya, udah berusaha di sedot pakai mulut sama pakai alat penyedot dari pigeon, tapi tetep ngak keluar. Akhirnya diakali pakai air panas dicampur cream telon ( bebe rossie minyak telon ) dan inhaler dari pure. Dan uapnya dideketin ke hidung, dan alhamdulillah mulai berkurang, terus begitu beberapa kali. Tapi tetep ingusnya ngk keluar banyak, cuma sedikit banget kentel. Makin parah napasnya karena ada suara "ngrok" dan napasnya mulai cepet tarikannya , makin panik dan pengen rasanya terbang langsung ke rumah sakit. Sepet "dibobok i " sama bawang  merah diremt remet atau pakai kencur diremet remet diatas kepala ( di umbun-umbun), yap ini pengobatan tradisonal yang sering dilakukan ibu ibu senior kalo anak panas. sebelum memutuskan menggunakan obat - obatan menggunakan cara - cara tradisonal dahulu, karena memang masih bayi tidak disarankan menggunakan obat - obatan.

Memutuskan untuk kerumah sakit priksa kedokter anak, setelah beberapa kali bilang ke suami kalau alif harus di bawa kedokter karena suami masih bilang "ngak papa kok demam doang ngak usah kerumah sakit" { mungkin dia sedang berusaha menenangkan istri kalau itu demam biasa }. Beberapa  menit keudian tiba-tiba suara batuknya makin parah dan nafasnya makin lama makin cepat tarikkannya smabil nangis karena kuatir bilang ke suami kalau harus segera ke dokter. Telfon ke RSU Bunda Margonda, ternyata dokternya udah pulang, cuma ada dokter anak yang lain. Cari alternatif lain, dan sampailah pilhan di Kemang Medical Centre. Setelah nanya temen untuk rekomendasi dokter anak dapatlah nama dokter Anak Margareta katanya di recomended banget. Dan kunci namanya langsung reserved by phone, untungnya KMC ngk jauh, asli pengennya waktu itu naek motor ajah, tapi karena gerimis mengundang apa mau dikata ( padahal deket rumah banyak RS loh yang paling deket tinggal ngesot ya Si Rs.Siaga raya, agak jauhan dikit JMC. Tapi ngak tau kenapa pilihan jatuh ke KMC (gue rasa emaknya aja ini pengen ke KMC , huahaha ). Setelah sampai KMC ding deng ternyata lagi lagi permohonan maaf yang diterima, dokternya udah ngk bisa nerima lagi. Ya udahlah dan akan dilempar ke dokter umum yasudahlah daripada ngak ditangani. 

Tibalah di UGD dan disambut para suster dan dokter muda laki-laki, dokter reza namanya ( kalo kate adek gue dokter ganteng, udah ngk fokus ama dokternya. asli ). Setelah menceritakan kronologis flunya. Dokter mulai memeriksa kondisi tubuh dan bilang kalo alif terserang demam biasa, pemeriksaan menggunakan termometer menunjukkan 38,5 derajat celcius dan memang waktunya bayi demam ajah, dan bukan karena faktor ASI, karena makanan dan minuman yang dimakan ibu tidak mempengaruhi rasa atau penyebab anak rakit, KECUALI alergi, yang ditunjukkan dengan ruam, kulit kemerahan pada bayi. Jadi ibu jangan panik kalo anak demam bukan karena ASI. Kalau ibu flu atau orang orang terdekat flu itu baru bisa menular. Tapi sekali lagi Asi tidak mempengaruhi rasa atau sumber penyakitnya. Justru saat sakit bayi harus terus diberi Asi agar tidak dehidrasi.

Untuk mengurangi sulit nafasnya dokter menyarankan untuk di uap, ini adalah pertolongan pertama pada anak yang terserang flu. Resep Uap nya ada dibawah ini yah



Ternyata diuapnya buat ngak nyaman juga buat Alif, sampai nangis teriak-teriak. Proses uapnya sekitar 10-15 menit dan itu udah bikin wajahnya merah, nangis sesenggukan. Dokter periksa ulang kondisinya dan di cek lagi pakai termometer, suhunya udah turun jadi 37, suara berat " ngrok" diparu paru juga  udah hilang. Alhamdulillah, tapi memnag batuk sama pileknya masih sedikit-sedikit. bebrapa percakapan sama dokter yang maish aku ingat soal anak demamnya alif waktu.

dokter : bu, nanti dirumah di pantau suhunya yah, kalau naik menjadi 38,5 ibu kasih obat sesuai resep      yang saya kasih, dosisny hanya 0.8 ml

saya: kalau flu nya masih sama gimana dok? di uap lagi aja? ngak tega kalau harus dimunimin obat dok.

dokter : kalau suhunya 38 dan terus naik memang harus di obati bu dengan minum obat.
saya : emang harus ya dok pakai obat, ngk papa yah? ngak ada yang lain selain obat?

dokter : iya ibu karena demamnya terus naik, kalo tidak di obati akan terus naik, karena di uap itu hanya meringankan proses pernafasan bukan menurunkan demam, kalau ibu ada dot dirumah boleh diminumi air putih yang dimasak walau itu dari Aqua, diminum sedikit aja.

saya : ohh gitu yak dok, oke deh semoga aja demamya ngk tambah naik
dokter : kemungkinan ngak sih buk, biasnaya kalau sudah diuap, tapi sekali lagi di uap bukan penurun panas ya buk.

saya: ok ok dok

Hal yang sering aku lakukan kalo proses pembayaran ngak pernah nebus obatnya, cukup tahu lah yah kalo nebus resep obat di rumah sakit harganya bisa 20-50% lebih mahal dari apotek diluar.
FYI, karna ini baru pertama kali periksa ke dokter di KMC jadi agak sedikit shock ngelihat bill nya Biaya dokter sekitar 150rb, terapi ( uap) 120rb, rs dan administrasi 80rb , yahh sekolah dokter mahal jadi priksa ke dokter juga mahal, apalagi KMC memang fasilitasnya bagus, jadi seimbang lah yah. Billnya bisa bat beli mesin Uap merek Omron (ngk juga sih mesti nambah separo harga lagi).

Setelah 2hari barulah sembuh batuk pileknya, itu juga masih menggunakan penguapan tradisional dan terus diboboki , dan suhu tubuhnya alhamdulillah normal terus.

Demikian curhatan emak emak baru yang norak, demam biasa aja udah bingung gimana kalau pas demam abis imunisasi yang katanya rewelnya ampun ampunan mint agendong terus. ( lap keringet).

semoga dari secuil pengalaman ini ada sedikit manfaatnya. ( dimana?? namanya manfaat ya ngak tau :) keep smiling.



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar