BERAPA SIH BIAYA IMUNISASI?

By Iamsyadh - 12:10:00





Mengutip kata mutiara dari drama korea “Descendent Of The Sun” 

Tapi nyatanya, memang vaksin dibuat karna uang juga bukan?. Yang aku tahu, kalau kita imunisasi di puskesmas memang gratis,tapi hanya untuk imunisasi dasar seperti polio, campak, HBo, BCG dan pentabio. Untuk vaksin yang lain seperti hepatitis A&B, DPT, HPV, Rotavirus, Hib dan yang lainnya itu bayar, yap bayar. Ada juga beberapa vaksin dengan kandungan tambahan contohnya untuk vaksin DPT pilih yang demam ± 300rb atau tidak demam ±1juta. 

Waw mahal juga yah harga imunisasi. Kalau diingat dulu saya imunisasi semahal itu juga kah? Ingatnya dulu imunisasi hanya sekali yatu polio, yang bungkusnya seperti serum rambut.
 
Sebenarnya berapa sih harga vaksinnya? Sama-sama vaksin dengan produsen yang sama tapi harganya bisa beda beda. Tempat, dan dengan siapanya ditangani? Bukan kah begitu? Jelas Rumah sakit lebih mahal, beda grade rumah sakitnya juga beda lagi harganya, mommies lebih pilih imunisasi dimana? Klinik, puskesmas, rumah sakit atau bidan?

Sebagai ibu baru yang minim pengalaman dan informasi biasanya suka ikut - ikutan, atau ikut saja dengan dokter atau bidan waktu melahirkan? Yappp saya jenis yang kedua. Dokter anak saat melahirkan kemarin sudah memberikan jadwal imunisasi pertama, jadi kita ngikutin karena bebarengan dengan control bilirubin, karena terus dipantau oleh dokternya, jadinya ya sudah kita mengikuti saran seterusnya.

Padahal sebelumnya kita ( saya dan suami) berencana untuk imunisasi di rumah sakit Andhika warung sila jagakarsa, karena pasti harganya bisa sedikit ramah dikantong. Tapi nyatanya keterusan di RSU Bunda Margonda. Sempat ngobrol dengan beberapa ibu yang sedang mengantar vaksin juga, beliau ini vaksin di klinik dokter endah d dekat SMK 57 ragunan, dr. endah ini juga praktek di KMC, jadi kalau misalkan kita vaksin di klinik dr.endah ini harganya bisa beda 400ribuan dari KMC, dan vaksinnya dijamin asli langsung dari produsen. Wahh bisa jadi option yaaa. Lagipula suka ngak tahan dengan antrian dokternya, bisa sampai 40 pasien terkandang dapat no 30 ,datang jam 10 imunisasi jam 3, padahal bagus itu imunisasi pagi hari, kalau siang sudah banyak orang datang dan virus menyebar.

Sedang mencari DSA baru untuk antisipasi kalau kalau anak alif harus butuh DSA secepatnya, pilihannya sebenarnya Klinik dokter. Jadi mungkin kalau ada waktu akan hunting ke dokter endah ini atau langsung ke KMC.

Nah berapa sih biaya vaksin di RSU Bunda Margonda, nih saya masih simpan harganya, jadi para mommies yang mau cari referensi atau mau vaksin juga disini, silahkan saja.nini harga per 2016 ya mommies.






biaya tambahan untuk setiap Vaksin, biaya Pasti dan neoulus yang selalu ada. Namun untuk spuit biasanya gabung dengan Vaksin campak dan ada bebrapa jenis vaksin yang lainnya ( mohon koreksi jika ada kekeliruan)



Maaf ya tidak saya langsung fotokan kwitansinya saja, nanti takut disalah gunakan, jadi saya salin ulang saja. Harga vaksin ini nanti akan saya terus update ( insha allah) setiap alif imunisasi.

Kalau ada masukan dan pertanyaan boleh kok comment dibawahnya, terimaksih. Semoga sedikit membantu untuk referensi dan persiapan untuk imunisasi anak.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar