Alif : Sensory Class

By Iamsyadh - 21:10:00


السلام عليكم

Alhamdulillah ada kesempatan untuk sharing pengalaman Sensory Class Alif. Untuk Early Sensory Class aku mulai waktu Alif umur 9m+. Kegiatan sensory class ini diadakan oleh komunitas ibu ibu baru @productivemamas (PM) bisa search di Instagram @productivemamas dan @productivemama.event atau bisa langsung cek si situs webnya http://www.productivemamas.com . Sedikit cerita mengenai komunitas ini, ini adalah wadah bagi para ibu ibu atau para ibu yang baru memiliki anak. Komunitas untuk saling bertukar fikiran dan juga sharing pengalaman dari founder productivemamas mengenai kehidupannnya sehari-hari menjadi seorang ibu. Mulai dari pola pengasuhan anak, kesehatan anak, tempat tempat liburan yang cocok untuk anak, serta perkembangan berita baru yang berkaitan dengan ibu dan anak. Selain itu, PM juga sering mengadakan event untuk ibu dan anak. Yang sering diadakan salah satunya adalah playdate. Acaranyapun terus berganti-ganti tema dan disesuaikan berdasarkan umur anak, mulai dari Baby Class (6m-12m), Todler (12m-2yo) , Pre-Nursery (2yo-3yo), Nursery (3yo-4yo), Pre-Kindergarden (4yo-5yo) , dan Kindergarten (5yo-6yo).

kembali pada kegiatan sensory class alif

1.     Sensory Pool , Outdoor Play By Productivemamas
Disini masih tahap early dan perkenalan, karena sebelumnya alif belum melakukan jenis sensory apapun itu termasuk dirumah, jadi masih bermain main dengan beberapa benda dengan bahan yang berbeda-beda. Mungkin kalau bola atau jenis mainan lain sudah dilakukan dirumah. Hanya metode dan caranya yang berbeda. Ada beberapa baby pool yang diisi dengan bola bola plastic warna warni, sedotan dengan ukuran 10cm warna warni, beras warna warni. Untuk tahap awal ini belum ada game session, semuanya benar benar pengenalan bahan-bahan sensory play yang bisa dengan mudah di pakai dirumah bahkan bisa dibuat sendiri dirumah.
Selagi anakanya bermain dengan teman dan toys baru, para mommies ada sharing session. Tenang, Karena lokasinya di daycare jadi baby sudah ada yang jagain. Bagi para mommies yang berkenan untuk ikut acara babyclass atau berminat untuk jasa penitipan anak bisa langsung ke Instagramnya di @mikadaycare


2.     Babies Day Out By Productivemamas
Acara kedua ini sudah lebih tersusun
Acara babyclass ini biasanya berlangsung selama 1.5 jam, 1jam aja kadang baby udah nggak focus sama apa yang dilakuin.
Playdate kali ini bertempat di Mighty Minds Menteng http://www.mightymindspreschool.com  .Dan aku suka banget sama tempatnya, dari luar sih menag nggak keliatan banget kalau ini tuh preschool, waktu itu signage juga kurnag jelas jadi sampai harus putar balik.
              
Jadi sebelum acara dimulai baby ini bisanya “dipanasin” dulu, diberi beberapa permain dan bebas untuk bermain apa. Ada beberapa mainan playhouse, pasir-pasiran yang berbahan tepung roti, atau area playground, mini gym activities.
Saat kelas akan dimulaipun, para baby juga masih diberi kesempatan sekitar 10-15 menit untuk sedikit bermain-main dengan toys, mobil mobilan, hewan, dan beberapa buku.  Setelah itu akan dipandu oleh pengajar untuk bernyanyi sambil merapikan benda benda mainan. Disini ada 3 pengajar, dan bahasa pengantarnya bahasa inggris, 1 guru dari luar dan dua diantaranya orang Indonesia.

·       Session 1 : Music & Movement 
Para murid akan diajak berkenalan satu sama yang lain dipandu oleh guru diiringi dengan music.
Pada sesi ini ada 1 guru yang memainkan alat music gitar, dan 2 guru membacakan buku cerita ( story telling ) tidak banyak muridnya hanya 8/10 anak dan hanya boleh didampingi 1 pendamping. Buku yang dibacakan adalah tentang hewan yang dibawakan dengan musik. Para murid dan ibu juga diajak berkomunikasi dengan santai dan menebak nebak ( mungkin kita akan berfikir, mereka kan belom bisa bicara. Memang ini adalah tahap sensory dan melatih anak untuk belajar berbicara atau berkomunikasi ). Di akhir cerita para murid di ajak untuk berdiri dan bernyanyi nyanyi sambil berputar-putar.

·       Session 2 : Circle Time
Sesi kedua murid diajak untuk membuat lingkaran dan bermian parasut, diberi bola dan diputar putar bergantian ke setiap anggota. Metodenya masih sama dengan bernyanyi-nyanyi

·       Session 3 : Activity
Sesi terakhir ini adalah sesi bermain dengan warna, medianya adalah piring kertas, yang di bentuk seperti kura-kura. Ibu dan anak mewarnainya dengan cat warna ( pewarna makanan ) di kertas kertanya.








3.     Little Sensory Hunters Playdate By Productivemamas
Acara kali ini aku nggak banyak bisa foto kegiatan karena pas nggak bawa bala bantuan, dan cuma berdua sama alif, jadi cuma ada kegiatan alif lagi “pemansan” sama mainan sebelum kelas dimulai. Pada dasarnya suusan acaranya sama seperti di Mighty Minds, ada story telling, activity dan sensory play

·       Session 1 story telling
Maish menggunakan cerita tentang hewan dan diselingi dan lagu dan permianan dengan tamborin, baby dan ibu juga di aja untuk ikut menebak-nebak. Cuma sayangnya, waktu acara ini berlangsung tidak seperti di Mighty Minds yang berada di ruangan berbeda, dan pendamping hanya 1 orang. Acaranya di Mikadaycare, berada di ruang utama, sehingga suasanya juga tidak kondusif, murid juga cenderung tidak focus.

·       Session 2 sensory bottles
Sessory untuk melatih indra penglihatan dan ketrampilan murid. Medianya adalah botol plastik, kegiatannya memasukkan bola-bola pom-pom, waterbeads, glitter dan diisi dengan air.

·       Session 3 Herb & spice dough
Kegiaatan ini untuk melatih indra penciuman anak. Medianya adalah dough/adonan yang terbuat dari tepung, air, bumbu dapur berbentuk bubuk diuleni sehingga menjadi adonan yang dapat dimainkan, dikepal kepal atau dibentul bentuk. Untuk herb ada bebrapa jenisnya, seperti bubuk kunyit, bubuk kayu manis, bubuk duan jeruk. Kenapa menggunakan bumbu dapur ini, karean ketiga jenis bumbu dapur ini juga memiliki aroma yang kuat. Karena semua bahannya adalah berasal dari bahan makanan jadi kita lebih aman memberikannya untuk bermain, namun harus tetap dalam pengawasan.



·       Session 2  sensory tracks
Permainan ini membantu anak unutk memahi dimensi dan ruang, medianya adalah kardus yang disusun seperti terowongan. Permainan ini juga bisa dimainkan sendiri, bahan bahannya juga mudah dicari dan bisa dimodifikasi sendiri modelnya.










4.     Rumah Main Cikal Cilandak
Untuk babycalss kali ini dapat kesempatan untuk ikut trial class
Sama seperti di Mighty Minds, pemanasan, perkenalan, story telling, activities, music and movement. Activities yang dilakukan, menempel gambar gambar hewan di dinding, dan belajar berjalan pada media gambar sesuai instruksi pengajar. Untik trial class ini lebih tinggi grade nya, ketimbang babyclass yang pernah diikuti alif, jadi dia sedikit bingung. Dan aku pribadi juga masih ngeraba-raba. Jadi sepertinya alif belum sampai untuk tingkat ini.



5.     Animal Lovers by Jakarta Children Center
Untuk kegiatan kali ini alif sudah masuk kelas toddler umur 14m. jadwal kegiatannya juga masih sama seperti babyclass, perkenalan dan activities. Dan hampir semua kegiatannya selalu ada menyanyi dan menari.
·       Animal pattern
Media yang digunakan adalah kertas bergambar hewan zebra ( tanpa warna ), instruksinya adalah memberikan stamp pada gambar hewan hingga menyerupai warna kulit zebra yang bergaris ( dan tetap saja, ibunya yang ngerjain, anaknya keburu cranky )
·       Fun with silhouttes
Medianya adalah kertas yang sudah digunting dengan siluet hewan, dilipat menjadi 2.  Instruksinya adalah menempelkan kertas pada 1 sisi yang lainnya. Dan ketika sisi siluet dilipat akan nampak gambar hewannya. ( lagi lagi ibunya yang mengerjakan )
·       Pet hunt
Medianya dalah wadah baskom besar yang diisi dengan tepung putih dan beberapa hewan. Instruksinya adalah mencari hewan-hewan tersebut didalam tepung.
Dan yang terjadi adalah Alif seneng banget, dan bahkan dia excited. Duh, itu alif udah berasa bebas banget dan siap banget buat ngacak ngajak, dan badannya udah penuh sama tepung. Dan ketika waktunya udah abis, dia hampir nangis karena masih happy buat ngacak-ngacak tepung.



6.     Ocean Wonder By Jakarta Children Center
·       Sea creatures
Medianya dalah kertas A4 bergambar ikan, potongan cup kertas kue ( ilustrasi untuk sisik ikan ), potongan kertas kecil tebal bergelombang berwarna biru ( ilustrasi air ). Instruksinya adalah menempelkan potongan kertas pada bagian ikan, dan kertas biru di sisi sekitar ikan.

·       Inside the aquarium
Medianya adalah piring kertas, cat biru ( rekomendasi merek ELC ), gambar terumbu karang, bintang laut, gurita. Instruksinya adalah mewarnai piring keras seolah olahadalah aquarium, dan ditempel temtpel dengan gambar-gambar.
Lagi dan lagi dua kegiatan diatas diselesaikan oleh ibunya.

·       Rainbow fishy
Medianya adalah baskom besar yang diisi kacang merah dan hewan-hewan laut. Instruksinya dalah 1 baskom untuk 4 anak, dan berbagi bersama mencari hewan laut dalam baskom. Dan 1 baskom lagi beriisi pasir dan waterbeads.
Dan kegiatan terakhir ini selalu disukai anak-anak. Dan hampir setiap akhir sesi mereka happy, karena ada proses acak acak.




7.     Mom & Baby Class By Productivemamas
Ini adalah kelas cranky alif, kenapa? karena hampir dari awal acara hingga akhir alif hampir tidak mau ikut kegitannya. Maunya main sendiri dengan gym ball, dan bebrapa mini gym. Padahal untuk susunan kegiatannya udah aku tunggu-tunggu. Seperti bermain diatas gym ball untuk melatih kelenturan tubuh anak. Bermain dengan tangga dan berjalan pada floor yang berbeda beda. Tapi tetap saja, anaknya tidak mau bermian dan mengikuti. Yang diikuti hanya sessi terakhir yaitu bermain dough / adonan tepung warna. Jadi tidak banyak foto yang bisa diabadaikan.
Tapi ketika class sudah selesai dan alif pindah untuk keruangan free room, alif sangat menikmati. Bermain main bebas dan nggak cranky





Kalau ada yang bertanya “ loh, cuma mainan doang? Nggak ada belajar lainnya? pengenalan jenis jenis hewan, berhitung atau membaca?”. Ini adalah babyclass, mereka masih bermain dan bermain. Namun jangan salah, dalam tahap sensory class ini baby sudah diajarkan tentang attitude, karakter, skill, yang berkaitan dengan mengolah tubuh. Seperti contohnya ketika selesai bermian mobil mobilan, atau jenis toys lainnya, anak bersama ibu diajak bernyanyi dengan lirik lagu riang, bahwa selesai bermain harus meletakkan mainan kembali ke tempatnya, harus dirapikan kembali. Dari sekian kegiatan sensory class, pada dasarnya sama saja, metode dan cara penyampaiannya juga sama.  Namun hanya media dan grade nya yang berbeda-beda sesuai dengan umur anak.

Sekian cerita sensory class alif, semoga sedikit bermanfaat, dna mungkin bagi para pembaca yang sedang mencari kelas sensory untuk anak,biar anaknya mainnya lebih bervariasi, monggo silahkan. Bisa langsung check langsung ke website atau instagramnya.

Selamat mencoba, moms??

See yaaa on the next post, hope you enjoyed our story

 وَ السَّلاَمُ

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar