List Perlengkapan MPASI

By Iamsyadh - 20:37:00

Seperti kegiatan perburuan yang lainnya, sebelum hunting barang barang selalu searching harga dan mencari review produk diberbagai E-Commerce. Hunting perlengkapan Mpasi kali ini tetap memilih ITC Kuningan, tokonya lengkap dan yang pasti jauh lebih murah. Tapi memang kawasan kuningan ini kalau macet bisa ampun-ampunan, kemarin kita hunting hari kamis siang sampe rumah malam jam 7an barengan sama orang pulang kantor, yah macetnya masih bisa ditolerir, karena biasanya bisa sampe 2jam . jadi kalau mau ke Ambasador atau ITC Kuningan pilihlah weekdays dan jam pagi 10 pulang siang. Sampai rumah aman.

List perlengkapan Mpasi ini sebenarnya terbilang dadakan sekali, siang berangkat dan pagi hari masih buat list barang yang mau dicari.

    SLOW COOKER
    BABY FOOD MAKER
    FOOT SET
    CUP FEEDER
    BABY CUBES
    BIBS

1.     SLOW COOKER 


Sesuai dengan namanya, slow cooker ini rekomendasi para mommies yang digunakan untuk mempermudah memasak seperti membuat kaldu, bubur tim, dan bisa juga dibuat untuk para mommies masak daging-dagingan. Yang banyak dicari dan direkomendasikan adalah merek Takahi, dan benar, di toko Fany ini stock produk yang paling banyak adalah Takahi.  Sepintas slow cooker ini memang sama dengan rice cooker pada umumnya, namun slow cooker ini memiliki kelebihan dibagian tungkunya, jika pada rice cooker aliran panas hanya bersumber di bawah, tapi dengan slow cooker ini panas tungkunya merata hingga kesamping bagian tungku. Bahan tungkunya juga berbeda dengan rice cooker. Tungku slow cooker lebih tebal dan berat, tutupnya berbahan kaca tebal. Tungkunya bisa digunakan langsung untuk memasak di atas kompor. 

Untuk ukuran dipilih Takahi dengan ukuran 1,2 L dengan harga 480rb yang mampu memasak dengan masakan 2-3porsi. Memiliki timer yang dapat dipercepat dan diperlamabat. Ukuran 0.7 terbilang kecil hanya bisa digunakan untuk 1kali makan, akan terlalu memakan waktu dan listrik jika memasakanya harus 2kali masak dan tidak memiliki timer seperti ukuran 1.2 L harganya 295rb waktu yang dibutuhkan untuk memasak dengan slow cooker ini bisa 4-5jam. Contohnya untuk membuat kaldu ayam membutuhkan waktu 4jam untuk mendapatkan hasilnya, jika menggunakan kompor ada banyak tahapan yang harus dilakukan, namun dengan slow cooker kita cukup memasukkan semua bahan dan tunggu 4jam kaldu siap disajikan dan disimpan.

2.     BABY FOOD MAKER ( BFM )

 

 

 

 

 
Untuk food maker wishlist nya adalah baby safe food maker yang bisa langsung mengkukus dan mem-blender makanan , namun setelah beberapa kali dipertimbangkan akhirnya jatuh pada Pigeon food maker ( semoga saja ada kesempatan untuk mendapatkan si baby safe ini) .  BFM merek pigeon ini sudah lengkap isinya, jadi bagi yang belum punya alat perang MPASI, cukup dengan membeli ini saja karena hemat dan all in one. Karena kalo difikir ulang mengkukus masih bisa menggunakan panic kukusan didapir, untuk blender bisa menggunakan blender philiphs di rumah dengan tambahan membeli mini cooper yang baru. Akan banyak tempat menyimpan kalau nanti si BFM baby safe sudah tidak dipakai lagi.  Harga Baby safe ini kisaran 450-600rb

3.     FOOD SET
 

 
Food set yang ekonomis sebenernya juga merek pigeon, tapi entah kenapa aku kurang suka dengan produk yang satu ini harganya sekitar 120-180rb ( coba cari barang ex kado di InstaGram, karena biasanya banyak yang jual, harganya juga jauh lebih murah ). Aku pilh produk dari Tomme Teppee, produk ini ada indicator perubahan warna pada sendok makannya kalau makanan didalam mangkuk terlalu panas. Tempatnya juga praktis karena dibagian luar tutup tersedia tempat sendok dan sendok juga aman dari kotoran. Tempatnya juga bisa digunakan saat traveling.

Produk yang lainnya adalah dari Munchkin , berisi 4 bowls yang dilengkapi dengan tutup dan 2 sendok, bisa digunakan sehari hari dan takarannya juga pas untuk 1porsi makanan.

 

 

4.     CUP FEEDER

 
Cup feeder dari medela ini sebenarnya adalah produk tambahan, digunakan untuk anak belajar minum seperti dari gelas dan tidak menggunakan botol. Waktu itu ada kelas tentang ibu menyusui saat senam di Kmc, Dokter nya memberikan saran kalau sebaiknya tidak membiasakan anak menggunakan botol. Nah si medela ini jadi rekomendasinya.

5.     BABY CUBES


 

 
Baby cubes ini bisa diganti dengan cetakan ice batu biasan, atau bawaan dari kulkas langsung, tapi untuk model ini sudah tersedia tutupnya, modelnya juga single bukan multi seperti ice cubes pada umumnya, sehingga lebih terjaga kebersihannya. Untuk merek ini terdiri dari 3 ukuran, 40ml, 70ml dan 140ml. Aku pilih ukuran 70ml. Ice cubes ini nantinya akan berfungsi sebagai  tempat penyimpanan kaldu beku, jadi nanti ketika membuat makanan baby si kaldu tinggal cemplang cemplung, tidak perlu repot repot membuat kaldu setiap membuat sup. Ada beberapa ibu yang suka dengan kaldu langsung dibuat sekali makan, tapi ini juga bagus kok, asal pemakainnya tidak terlalu lama dari waktu pembuatannya. Lebih praktis

6.     BIBS

 

 
Bibs ini aku pilih dengan bahan rubber dan ada tempat penampungan /kantungnya, sehingga makanan tidak mengotori pakaianan. Model ini pajang pendeknya bisa di atur, ada beberapa model bibs yang bagian belakangnya menggunakan Kancing Jepret (Stud buttons), ada juga bibs dari bahan kain.
Tapi setelah beberapa kali makan, ternyata pakai bibs atau slaber kutang cocok buat alif, alhasil pakai popok dia dari bahan kain jatik yang digunting gunting. Di kalingin seperti syal dileher, lebih mudah dipakinya dan sekalian buat lap mulut.

Demikian list perlengkapan Mpasi yang aku beli, kalo di wishlish-in sepertinya cukup banyak, tapi aku cari yang lebih ekonomis dan terpakainya lama. Semoga bermanfaat bagi mommies yang sedang mencari carai referensi list perlengkapan Mpasi babynya.
Jangan lupa tunggu postingan untuk makanan Mpasi anak alif yang pertama ya>




  • Share:

You Might Also Like

0 komentar