Pengalaman Kuret, ternyata kuretase nya nggak sakit.Kuret-nya!

By Iamsyadh - 22:19:00


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Kali ini mau share pengalaman kuret, bagi yang udah pernah ngalamin, yah selamat. Loh kok selamat sih? Ya terus harus bilang apa? Entah baik atau buruh, kita kan harus mensyukurinya kan, dan kuret pun harus disyukuri.
Siapa tau, tulisan ini bisa buat pengetahuan dan waspada aja buat ibu hamil, karna sebagai ibu hamil emang harus banyak tau seputar hamil apalagi trisemester pertama.

Kuret kemarin usia kandungan aku 11 minggu di Rumah sakit Prikasih pondok labu, penyebba harus dikuret itu ngambang, kenapa gue bilang ngambang?? Karna emnag ngk jelas, dokternya ngasih alesan yang bikin gue bingung “emang dari sononya jelek, ngk bagus”.
Hadeuh pusing pala susan.

Jadi gini kronologis kenapa harus saya dikuret.

6 April
Pertama kali tau hamil itu, gue alat test kehamilan, pertama pake test ……………….. hasilnya positif, karna masih ngk yakin, akhirnya beli lagi yang value, errrr harganya lebih murah. Dan perkiraan aku itu usia kehamilannya 4mingggu, setelah bilang sumai dan akhirnya mau priksa kedokter, tapi yaah namanya orang males, ada aja alesannya, besok-besk dan besok, akhirnya dapet kabar kalo bapak mertua sakit, akhirnya harus pulang kampong. Dan baru 2 minggu kemudian test kedokter.
Pas crita ke nyokap, nyokap nyaranin kalo priksa ke puskemas dulu aja, ntar kalo udah positif dan keliatan baru nyari rumah sakit. Dan kata nyokap, “  udah di puskesmas dulu aja, murah ngk bayar Cuma bayar usg aja, udah gitu kan cepet mbak”, Okelah ikut bae.
Akhirnya tgl 6 April periksa di puskemas kebagusan ( Kec. Pasar Minggu). Dating jam 10 pagi, ternyata baru dapet priksa jam 4 sore, ya salam. Ternyata penuh bgt, karna keptong hari jumat libur taanggal merah. Demi bayar murah 60 ribu gue harus ngantri segitu panjang dan almanaya, bête dan kesel. Mau mutusin pulang ja adan perikasa aja ke rumah sakit, tapi lagi-lagi nyokap bilang “ sayang mbak, kan udah bayar 60rb” tak kuasa lah aku inih.
Dan disitu dokter ngasih keterangan kalo umur kandungannya 6minggu. Dan dikasih vitamin , lupa namnaya biomil apa folamil yah? (gratis buat 1 bulan)


15 April Baru mau rencana ke rumah sakit tiba-tiba dikabarin kalo Bapak mertua meninggal
Dan akhirnya pulang kampung lagi, tapi naek mobil.
Seminggu kemudian baru balik kampong naik kereta.


Tanggal 27 April priksa ke rumah sakit Prikasih. Lagi lagi, nyokap ngambil andil
 “cari dokter supono mbak, masih ada ngk? Dulu mama lairannya ama dia, doketrnya sabar bgt, telaten dan jaitannya rapi bgt”
Yah gue mah tau apa, dibayangan gue, dokternya pasti udah sepuh bgt, maish bisa liat jarum ngk yah?
Hihhihi
Dan ternyata dokternya emang udah sepuh bgt.
Dokternya ini sih bagus sih, dia ngk nyaranin usg, usg kalo udah umur di atas 7 pas mau lairan, dan dia pro normal. Setelah di kasih nasehat bla-bla dan bla-bla. Beliau juga ngasih fitamin Cuma satu jenis aja, Folamil.

Seminggu kemudian, di tinggal si teteh yang bantu nyuci pulang kampong. Dari pada bingung mau ngapain akhrinya nyuci baju, nyuci sepatu-sepatu suami. Dan capek ternyata. Namanya juga orang hamil.

Tanggal 6 Mei ceritanya geu mau ketemuan ama temen di Penvil, kebiasaan gue naek motor, karna pas bgt lagi nginep di rumah nyokap akhirnya perginya naek angkot. Pulangnya nebeng adek pulang kuliah, tapi ada adegan marah marah sama adek yang salah jemput, di amalah jemput di kemvile. Ya allah, adek gue . Akhirnya minta tolong suami jemput dan dianterin ke rumah nyokap.

Dan besoknya tiba-tiba keluar flek, tapi warna masih coklat terang dan dikit bgt, tapi pas malemnya makin coklat. Disini gue masih berusaha tenang.

Pas besoknya Tanggal 8 Hari jumat pagi, itu fleknya makin nambah. Pas bilang ke nyokap, kata nyokap udah langsung rumah sakit aja. Akhirnya sorenya pergi ke rumah sakit prikasih, disitu pas di cek dalam. Dokternya nanya sakit atau ngk, tapi gue ngk berasa sakit. Doketrnya sih sempet bingung darahnya agak kental. Akhirnya di USG tapi beda dokter, Dr. supono hanya mendampingi. Disitu hasil USG nya seperti ini.

 
iamsyadh

iamsyadh


Disitu gue masih nanya ke temen yang jadi bidan, dan gue critain kondisnya, kata dia, gue harus bedrest total, jangan bangun dari kasur bolehbangun Cuma kalo ke kamar mandi aja. Meninimalisisr gerakan, karna semakin banyak gerak, akan semakin banyak darah yang keluar. Tapi udah berusaha sedikit gerak darah tetep keluar.

Besoknya lagi tgl 9mei Pas bilang nyokap akhirnya mutusin buat ke rumahsakit lagi sorenya, karena gue ama suami datengnya lewat dari jam janjian ama dokter supono akhirnya ganti dokter lagi. Disitu di cek pake alat intip vagina. Pas di cek dokter bilang kalo bayinya ngk berkembang dan harus dikuret, kalo diterusin malah jadi cacat.
Mau nahan nangis.
Dokter nyaranini langsung kuret. Tapi guenya udah ketakutan duluan, maklum belom pernah nginep di rumah sakit , jarum suntik apalagi. Jadi makin parno. Akhirnya maa dokter dikasih solusi, malam itu di pasang alat aja dulu (lupa pa namanya), dan besok pagi jam 8 baru dikuret. Yaudah gue manut.
Setelah masuk kamar perawatan baru duduk, perawatan nyuruh tes darah.
Jam 8 malem teng gue suruh ke kamar tindakan/kamar bersalin  tiduran sambil nunggu si dokter, gue ngobrol ama nyokap, Adek dan suami. Pas lagi nunggu ada perempuan juga mau dikuret dari badannya sih dia lebih muda dari gue, umur kehamilannya juga masih muda 9minggu. Tapi dia brani bgt langsung dikuret. Nah gue??., nyokap nanya dikuretnya kenapa, alesannya sama, karna byinya ngk berkembang. Dan dia udah pendarahan tapi ngk sakit.
Ja, 9 tetangga sebelahitu siap dikuret, gue disampingnya Cuma deg-degan dengernya bunyi besi-besi dan lampu yang krompyang-krompyang. Yaampun udah parno gue
Ternyata ngk lama Cuma bentar bgt. Kelar!.

Nah sekarang giliran gue dipasang itu alat.
Selese dipasang, balik kekamar perawatan. Ternayat gue udah dikasih obat pengurang rasa sakit di infusnya. Dan ternyata jam 11 malem gue triak-triak kesakitan. Perut kayak diaduk-aduk ngk karauan, sebentar sakit sebentar sembuh begitu terus. Sampe disuruh istigfar dan baca-baca, udah ngk focus itu bacaanya, mulut juga udah ngoceh ngk jelas, semua orang yang ngk ngelus-ngelus badan gue, gue marahin juga. Yang lebih konyol gue marahin bokap karna Cuma diem ngk bantu doa, padahal bokap ngantuk karna dzikir terus , ngk berterimakasih bgt gue. Maap maap namanya juga kesakitan.
Dan itu berlangsung terus sampe jam /1 malem. Manggil suster dan dikasih pengurang rasa sakit lagi dari infs, udah setengah jam ngk ngefek akhirnya jam 1 dikasih obat dari belakang dan akhirnya gue tertidur dan semuanya tidur juga dengan nyenyak.
Dan puncaknya jam /3 pagi kebangun,ngerasain kalo gue berasa bgt ngompol, pas gue raba raba gue ngerasa tangan gue kayak basah-basah. Disitu gue bilang ke adek “ ta, kok gue kayak ngompol yah?” adek gue Cuma bilang “ yaudah” pas gue suruh nyalain lampu. Subhanallah gue baru sadar itu tempat tidur udah kayak lautan darah. Lambaran perlak yang kayak lapisan pembalut itu udah ngk mampu nahan darah lagi. Pas manggil suster dan mau dibawa ke ruang bersalin tiba-tiba gue ngerasa ada alat yang berbentuk T (kayak Kb spiral, gue juga ngk liat langsung alatnya)  nganjel. Pas gue mau intip ternyata gumpalan darah keluar dua kali, maaf yah? (kayak orang pup), pas udah keluar disitu udah ngk berasa sakit lagi, cuma bisa lemas lunglai. Langsung dibawa ke ruang tindakan. Disini nih gue berasa ngk nyaman, ruangannya dingin dan banyak nyamuk  , suruh puasa dari jam 5 pagi karna mau kuret jam 8. Ternyata gue dikuret jam 12 siang. Hadeuh, udah mau marah-marah aja, suami dan odara juga udah complain sih. Mana gue laper bgt .
Pas mau dikuret itu harusnya gue kencing dulu, tapi karna susternya ngk sigap dan kelamaan dokternya marah-marah mana nyiapain alat lama si susternya.
Hal yang lucu dikamar bersalin, dokternya sih sambil ngobrol ama dokter anestesi katanya biar gue ngk tegang. Disitu hal yang menurut gue konyol.
Dr. anestesi , ” dok baca berita pagi ini di detik ngk?”
Dr. hari, “ oh yang kasus AZ?”
Dr. anestesi “enak banget yah ngangkang doang 100juta?” (maaf yah fulgar bgt )
Dr. hari “Az itu kan si A—A---I (artis bersodara yang mukanya sedikit timur tengah yg sekrang nikah ama penyanyi bule) *okeh abaikan itu

Dan gue Cuma ngakak doang, ini dokter kandungan yang diomongin selalu beginian apa yakkk???!!!
Oke kembali ke topik
Udah deh gue langsung di anestasi dan dalam hitungan 1,2,3, pandangan kabur, lampu silau bgt dan tettot gue merem
Pas bangun gue udah berada di tempat yang berbeda. Jam 3 sore gue pindah ke kamar perawatan dan abis magrib baru pulang. Dan proses itu selesai.
Disini yang gue aneh, karna gue belom pernah kerumah sakit, dan ngk pernah tau bagaimana rincian biaya rumah skait, gue cukup terkejut. Aduhhh gue peritungan bgt, yahh maklum biaya sendiri ngk ada garansi jiahahha. Jadi semua pake tabungan berdua, eh suami deh.
Biaya kuret sih Cuma 2 juta, tapi buntutnya banyak dan ditotal 6juta, alamak. *tutup muka pake tangan* 
Infus udah abis katanya baru pulang, udah abis ditambah antibiotic. Harga perlak atau Underpad Bed Matras ( yang sejenis perlak tapi bahannya kayak pembalut) itu mahal cuin abis 5pc 1 pc ny 30ribuan, itu diluar harganya 5000 malah *katanya).
Gue masuk hari sabtu 9 mei jam 7malam, keluar tgl 10 mei  besoknya, itungannya 2 hari (kayaknya semuanya emang begitu apa yah). Dari hari yang diitung 2 hari itu gue lebih lama menghabiskan berbaring diruang bersalin, cuma bentar bgt ngerasain tidur dikamar perawatan, udah bayar mahal. Lumayan kan nginep di hotel ituh.

 
biaya kuret

Dari pengalaman ini gue agak sedikit kecewa, dan buat next nya gue pindah rumah skait baelah.
Dan yang bikin makin ngk puas adalah, pas gue nanya penyebab gue dikuret itu apah, penyakit, pola makan, kecapean, atau mungkin hubungan sexsual??, tapi dokternya cuma bilang kalo emang dari sononya jelek. Coba dong gitu doang, beberapa kali diulang pertanyaannya jaga tetep sama. Hadeuhhhhh

Tgl 19 Mei control, saran dokter untuk tidak hamil dulu, kasih jarak 3x menstruasi dulu, biar otot-otot rahimnya kuat, dan kalo mau berhubungan lebih baik pakai pengaman atau KB kalender, dan for your info, bagi yang pernah kuret dan pengen cepet-cepet punya anak lagi tidak disarankan untuk menggunakan KB pil atau spiral ini karna umur gue masih dibawah 30tahun, nanti yang dikhawatirkan hormannya ngk stabil. Dan setelah kuretpun harus nunggu 2minggu kalo mau “berhubungan”.

Dan begitulah pengalaman kuret gue, yang gue udah ketakutan, ternyata cuma gitu doang, kalo gue mau dikuret gue ngk bakal ngerasain tuh sakit kayak diaduk aduk yang katanya lebih sakit dikuret dari pada melahirkan . Kalo tau gitu mending langsung kuret yak gue, ngk banyak ngeluarin biaya Jhiahahhaha (masih aja mikirin duit). Dan ternyata si alat yang katak spiral itu buat mancing di gumalan darah keluar, makkk itu ternyata sumber yang bikin sakit.

Semoga bermanfaat yah, dan bagi yang lagi hhamil mari selalu dijaga kandungannya, dari makanan kesehaatan ibunya apalagi, semoga manfaat barokallah

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar