here I AM , the BULLYING victim

By Iamsyadh - 08:12:00


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 



Hai teman.......
Apakah kalian benar temanku?
Hai teman.......
Bisakah kita bermain bersama?
Hai teman......
Bolehkah aku bermain dengan kalian?
Hai teman......
Bisakah kalian ajari aku permainan itu?
Hai teman......
Kenapa kalian mengucilkanku?


pernahkah kalian menjadi korban bullying?
seberapa banyak kalian membalasnya? entah terhadap orang yang telah mengejekmu atau bahkan berbalas dendam dengan orang berbeda?
enathlah tak kuingat....


Menghabiskan masa kecil jauh dari dari orang tua sangatlah berat, membayangkan setiap hari pergi dan pulang ditemani  ayah atau ibu. Menghabiskan hari demi hari bersama kedua orang tua. Bermain dengan teman-teman sebaya, teman-teman sekolah setelah pulang sekolah. 

Banggalah kalian yang pernah tinggal jauh dari orang tua sejak kecil. Mencetak diri lebih mandiri dan berani.

Apa yang menyebabkan aku di-bulli?? Nggak tau dan tidak mencari tau
tapi bisa dipastikan becouse i'am better than another. Kalau bukan karna beda kenapa kita dikucilkan??
karna cantik?? nyatanya aku bukan the girl who make all the boy like  butterfly
kaya? tiap hari aku makan tempe, berangkat sekolah naik sepeda butut
pintar? belom pernah dapet juara kelas dan piala penghargaan

setelah dipikir ulang dan di ingat-ingat, kira-kira kenapa???
hemm ada banyak alasan

gue sempet nggak naik kelas waktu kelas 1SD, alesannya karna kendala bahasa ( saya indonesia bukan import) , ngk bisa bahasa jawa, mayoritas temen-temen ngobrol pake bahasa jawa, bahasa indonesia masih tergolong formal buat ngobrol sehari-hari, dan mayoritas orang masih berfikir " sok kota" kalo pake bahasa indonesia. Come on, open minded!
ditambah nggak sekolah TK, ujug-ujug masuk SD. Baca tulis juga belom lancar, nyari temen susah. Sudah lah cukup sudah kendala belajar.

Yang bikin kesel lagi adalah gue selau kena hukum. Masih ingat kah kalian yang mengenyam pendiidakn SD tahun 90-an?, dimana guru loe/wali kelas loe ngasih tugas ke ketua kelas/wakil kelas buat nulis teman-temannya sendiri yang brisik atau bikin ulah dikelas, even itu loe cuma ngobrol ama temen sebangku lo buat nanya pelajaran padahal udah suara sangat pelan bisik-bisik?? (gue belom kenal metode tulis dibuku/kertas dan dituker-tuker like messages), loe tetep di catet di kertas putih yang katanya suci itu. Dan hukumannya adalah nyapu dan bersih-bersih kelas selesai pulang sekolah. Itu yang nggak gue ngerti. Hey YOU, i don't know what i did, i don't made any mistakes, at all!
Dan gue selalu menjadi langganan, mau ngebela? percuma gue memberikan argumen dengan bahasa indonesia dengan gaya bahasa gue yang ngomongnya cepet, mereka cuma bisa diem, entah nggak ngerti apa yang gue omongin atau emang mereka ngk mau debat.Gue cuma bisa Pasrah!

and you know, gue sebagai anak SD yang punya embel-embel anak kota, karna emang cuma gue doang yang dari jakarta, only me, only me yang bisa di bully!. Pedes bgt!
peralatan tulis gue lebih bagus, buku tulis, tas bahan leather yang waterproof mengkilat bentuk mickey mouse, belom ada yang punya cuma gueh ( sombong)  sepatu sekolah ada lampu nyala kalo di injek ( okeh itu dulu keren bgt) cuma gue yang make, pensil, rautan bentuk mainan. semua barang yang gue punya di beliin nyokap dari jakarta ( kita sebut barang import) . Dan barang-barang gue sering ilang, kalo ketauan dibawa temen, dia cuma bilang, " ditukokne dulurku teko suroboyo" ( dibeliin saudara dari surabaya ), as you know dulu dikalangan temen gue surabaya itu udah double Waw bgt. Dan apalah aku inih, selalu kalah kalo musuh mereka semua. Kalah telak!.

Dan ditahun kedua menjadi anak kelas 1, Lagi!.
disinilah mulai "geng"  anak kelas 1 baru dan anak kelas 1 lawas. dan aku pastilah menjadi bagian besar anak kelas 1 lama, masih untung ngk cuma gue yang nggak naik kelas ada sekitar 5-7 orang. 
tahun kedua bahasa jawa udah bisa, walau terbata-bata. alhamdulillah, gue juga masih kena hukuman metode catet mencatet kalo berisik. what the hell!
kelas 1 aja dibedaain, gue kebagian anak kelas 1B yang kebanyakan anak anak yang ngk pinter ( kasarnya), masuk ya siang pula, pefffft. Lambat laut gue bisa nerima pelajaran cukup mudah, as you know, gue dapet peringkat 4 ( claps your hand please :D ).
berawal dari sini, mulailah semakin geng and the geng, dan gue sih tetep jadi anak minoritas. memble!.

setelah beberapa tahun dan bisa bergaul nyari temen, dan punya temen deket yang dia bisa dibilang jadi "kakak", bantuin pelajaran yang susah, ngajak maen pulang sekolah dan dia satu satunya temen yang netral, kalo gue lagi dikucilin, cuma dia doang yang baikin gue, ( huuuuuuuu usap air mata). Kalo ada temen lain yang ngomngin gue dibelakang, di aslalu baikin gue, di ngasih tau, kalo jangan diambil hati kalo ada temen ngomong jelek ( makin nangis).

Cuma gara-gara gue bisa jawab pertanyaan-pertanyaan tentang pengetahuan, gue dikucilin, punya alat tulis baru yang "limited edition" dikampung belom keluar, gue dikucilin, Bisa cerita tentang pengalaman liburan di Ancol, TMII, Kebun Raya Bogor, Ragunan dan Nonton Pon Surabaya, gue edikucilin, katanya sombong, katanya sok pinter. Beberapa alasan yang kayaknya ngk masuk akal baanget gue dikucilin cuma gara-gara ituh. Padahal gue ngk  pernah merebut siapa temen siapam merebut juara kelas karna gue selalu dibawah Rangking 4. Gue ngk pengen sama apa yang mereka punya, karna gue lebih banyak punya apa yang mereka belom bisa punya.

sekarang akupun bisa merasa bangga, bukan sombong, jangan sampe ada sedikit biji rasa sombong. In sha allah bukan sombong.
aku mampu kuliah di jakarta ( ya mau gimana lagi, jatah dikampung udah dibatesin, harus balik
bukan sekedar kampus dan bukan sekedar jurusan asal kuliah. Alhamdulillah lulus S1 Arsiyektur tepat 4tahun, nilai juga baik walau ngk amat baik, setidaknya memuaskan atas jerih payah, kuliah arsitektur susah cuinnnn, bisa dapet IP diats 3 aja alhamdulillah apalagi direwangi ampe sakit-sakitan hiks hiks hiks.
kini, mereka yang pernah memandang sebelah mata, kemana? disitu situ ajee, kalo boleh meminjam kata kasar " loe kemane aje, masih aja di hutan,ojek aja udah pake Maps sekarang, teknologi udah canggih men!"
cukup tahu bagaimana pahitnya diremehkan, dipandang sebelah mata.
Here Iam Stand Up in front of you as Bullying Victim
lalu kamu sebagai apa?

ilmu yang tinggi, kepopuleran dimana-mana bukan sebagai tolak ukur bebahagian dan kesuksesan. Jika itu sebagai pencapaikan yang hakiki, maka kau salah
mengutip dari buku " Jalaludin Rumi Sang Maestro Cinta Ilahi karangan Mahbub Djamaluddin"

"Bila Ilmu
tak membantumu telanjang dari nafsu
Sungguh dungu lebih baik bagimu"
( Hakim as-Sina'i adalah penyair sufi terkenal )
mengambil cotoh dari para sufisme seperti berikut, 
"Dalam dunia sufi, sosok yang gelap dan tidak populer bukanlah hal yang aneh. sebab sejatinya para sufi memang tidak mendambakan kemasyuran. Dalam ranah sufisme, terdapat istilah wali mastur, seorang waliyullah yang sembunyi dari keramaian, menyamarkan kesalehan dan ketinggian ruhanianya dalam pakaian yang biasa"

jelas bukan?

buat kalian yang dulu mengejekku, menremehkanku, apakah kamu yakin kamu akan selalu berada in the front row?
tahukah kamu kalau bumi itu berputar dan waktu itu berjalan?
seberapa besar kekuatanmu untuk membuat dunia tetap membuat mu diatas dan waktu selalu memihakmu?
tidakkah kau tahu dengan arti usaha dan kerja keras?
tidak kah kau tau akan kata "keberuntungan" ?

Kamu yang dulu selalu number 1, masihkah kamu sekarang number 1?
jika sebuah kesuksesan kau sebut materi, kau salah, berarti pola pikirmu yang harus di ubah, begitukah kau memandang sebuah kesuksesan?

cukuplah mem-bully orang lain, menganggap remeh orang lain, apa dengan kecantikan, kepandaian dan kekayaan kau yakin mampu menahklukan dunia?
kecantikan mampu memudar, salon udah banyak cuin, muka bisa diamplas
kepandaian, teknologi udah modern, 1 detik semua informasi dalam genggaman

perbanyak ilmu yang bermanfaat, mencetak diri sendiri untuk stop mem-bully, ajarkan anak-anak kita ahlak yang baik.




in sha allah ini bukan bermaksud untuk sombong, hanya untuk berbagi, mari buka mata kita, ubah pola pikir kita.



salam
penulis


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar