Wedding Preparation Part 2

By Iamsyadh - 14:44:00

3th Printilan Pernikahan

Mahar

Prolog dulu yahhhh


copyright by google

Mahar/mas kawin pernikahan, setelah nanya-nanya para sesepuh dan para mbah google beserta dalil-dalil kitab suci umat islam :O  sih yah, kalo mahar jangan sampe memberatkan sang calon suami, yang semampunya ja lah yahhh. Dan para wanita jangan mentang-mentang wanita itu " dibeli " oleh pria, trus mintanya kebangetan. Warning!! setiap sen atau sedikitpun mahar yang dikasih pria ke kita dan nantinya si pria ikut makan uang mahar/mas kawin itu, hukumnya haram ingat HARAM. 

Ya kira kira aja ya sebagai wanita, mentang-mentang si laki kaya punya pohon duit, trus mintanya berlian sekarung ( perumpamaannya) karena pikiran kita , 

 " lah kan gue perempuan, enak aja maen ngawinin anak orang kagak modal ", 

coba ditelaah lagi, yang mau nikah kan 2 orang bukan lakinya doang. Maaf-maaf kata yah para pemirsa, pernah ngk mendengar atau ngalamin sendiri, sodara terdekat yang calonnya minta mahar berlebihan???, pernah ??? gimana dimata keluarga??? 
kan kita orang indonesia apalagi gue sebagai orang jawa yang kasarnya apa aja di komentarin. 
Dan si perempuan mikir ngk gimana nantinya pas selesai pernikahan, saat membina rumah tangga??? kita nikah itu untuk membina rumah tangga loh, yang dipikirin setelah menikah bukan pesta pernikahannya. Ya syukur-syukur aja kalo keluarga ngk ada yang nyinyir, lah kalo yang nyinyir??? 
ngerti kan yah kamsudnya temans tanpa dijelaskan secara gamblang??

"Dan berikanlah maskawin (mahar ) kepada perempuan ( yang kamu nikahi ) sebagai pemberian yang penuh kerelaan. " ( QS. An-Nisa' 4:4) 

>> pemberian itu ialah maskawin yang besar-kecilnya ditetapkan atas persetujuan kedua pihak karena pemberian itu harus dilakukan dengan ihklas<<

Tuhhh I H K L A S


"Nikah itu MURAH, yang mahal GENGSINYA"

iya ngk??

rukun nikah itu kan cuma 5
  1. mempelai Pria
  2. mempelai Wanita
  3. Wali
  4. Saksi
  5. Ijab Qobul
Ok, setelah mencari mau apa yang mas kawinnya?? Setelah jumlahnya berapa trus bentuk barangnya,, 
Seperangkat Alat solat? katanya kalo seperangkat alat solat ituh berat, kenapa berat??? kalo sang suami dan istri ngk mnegamalkannya, malah jadi dosa.
belum pernah baca atau tau dari siapa sih dalilinya,, jadi ya sudahlah, dari pada gamang, lewat ajah.

Dan akhirnya pilihanpun jatoh pada nominal uang,biar ikut-ikut trend gitu deh, yang sesaui ama tanggal pernikanhannya.

Waktu itu aku ambil 21 Riyal 12 Rupee dan 2014 Rupiah, wekekkee kenapa ambil Riyal?
berdoa in sha allah nanti, kita berdua bisa ke Mekkah ngebawa orang tua, ameen ameen ameen. Dan kenapa Rupee? hihii si bapake turunan (koretan) dari orang india, walau dikittttt kit kit bgt ( bukan karena pelem india yang lagi trend). Yah kalo rupiah mah jangan sampe lupa negaranya lah, aaaakuuuu cinta rupiah ( lagunya cindy cenora ). 
Buta yang mau nyari Duit-duit lama buat mahar, saya recomendasikan ke Pasar Baru, mau cari duit apa aja juga ada, Asal Mau nanya ajah, banyak toko-toko kecil yang nyelip soalnya disono.
Kalo yang paling gampang sih ya uang rupiah, waktu itu dapetnya di Bapak-bapak tua, dia jualannya  diluar gedung, lebih detailnya sih di jalanan tengah yang kanan-kirinya banyak toko toko besar salah satunya Matahari, pokonya cari dah di situ-situ, banyak. 
Uang nominal 2014 dengan pecahan ( 2 lembar uang Rp 500, 10 lembar uang Rp 100 , 1 lembar uang Rp 10, dan 4 lembar uang Rp 1, ) harganya Rp 220.000. Nah ini sih harus pinter pinter nawar juga, soalnya tiap pecahan harganya beda-beda dan seberapa lama/terbitan uang itu.
Dan gue juga ngk tau, itu duit asli apa kagak yah??? soalnya duitnya kagak sama lebarmya dan potongannya,,, ( Mas brohh kalo palsu, apakah cintamu juga palsu?? )
Trus nyari uang Riyal dan Rupee, ini agak keluar masuk. toko cuma 2 ding :p
kalo nyari uang Riyal di toko ini nih  ( ini khusu riyal yah, kalo rupee ngk ada disini soalnya )
Untuk pecahan 21 SAR ( Saudi Arabia Riyal ) 2 lembar uang 10 SAR, dan 1 lembar uang 1SAR 
Untuk Uang rupee sih lupa nama kiosnya, cuma ngk jauh dari situ deh, kiosnya kecil. Itu juga dapetnya pas limited, wekekkek karna tinggal 1 itu untuk model uang lamanya, dapet I lembar uang 10rupee dan 1 lembar uang 2Rupee.

Dan urusan uang mahar inih, rejeki anak solehah deh, hueueeue, ngk susah-susah bgt nyarinya. Nyampe pasar langsung dapet uang Rupiah, ditunjukin toko valuta asing, nyari uang rupee juga ngk harus muter-muter tuh pasar baru, Masha allah bgt deh, alhamsulillah yahhh, hihihi

created by iamsyadh

Urusan uang kelar, dan lansgung deh mendesain itu uang mau digimanain.


Untuk bentuk mahar sih terinspirasi sama aku instagram popyourheart untuk webnya silahkan cek saja disini

copyright by popyourheart
dan waktu nanya-nanya pricelist, lumayan cukup mahal dong, hihihii, walhasil gue bikin sendiri, padahal kalo diitung-itung sama ajah, beda tipis, cuma yah kalo bikin sendiir ada rasa kepuasan tersendiri gitu deh, hihihihi

created by iamsyadh
dan jadilah seperti diatas pemirsa??? kenpa? banyak bgt tumpukan? huehheh emnag biar penuh, karna itu semua impian, who knows??? someday i will, ahihihihi, dan itu idaman rumah kita dan profesi yang kita jalanin ( walau sekarang gue jadi IRT sejati, #huekcuih)
Dan ini bikinnya juga lama pake bgt, kurang seminggu baru jadi, dan malem sebelom Hari H masih nempel sana sini, dan si Bingkai jug abaru diambil dengan kondisi ujan. perjuangan bt deh, ( bukan gue sih yg ngambil, om gue, maaci om-ku :* )

nextttt printilannnnn,,,, wait yahhhh,, lagi nyari ide nulis sama apa yang mau ditulis duluan hihihihi




salam manis


penulis

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar