Serba Serbi Solat Tarawih

By Iamsyadh - 12:22:00

Kerandoman hari ini diselipkan dengan sepenggal kisah tentang Solat Tarawih khususonnya di Masjid.
Alhamdulillah  hari ini Puasa Ramadhan ke 2, solat tarawih yang ke-3, dannnnn alhamdulillah pula Solat Tarawih pertama dan ke-2, Saur pertama, Puasa pertama dan buka pertama masih nyangkut dirumah ortu.
Hari ini puasa ramadhon yang ke-2 udah balik kandang  (huhuuhu (#_#) ngk dibangunin saur lagi tapi bangunin dan nyiapin orang buat saur (barokah aja lah yang dicari ).

Mau sharing aja tentang solat tarawih di Masjid, kira-kira kalian lebih suka solat tarawih dimana??
kalo gue , Rumah sendiri!. Why?

Okeh simak yahhh hihihi

Solat tarawih kali ini dimasjid deket rumah, yah alhamdulillah ngk jauh, tapi walu ngk jauh, tetep aja ketinggalan dikit (@_@) payahh,
yahhh namanya juga telat, pasti dapet saff nya juga belakang. Tapiii Ademmmmm (^_^) karna dapet diluar masjid yang anginnya semriwing banget hari ini. Dan konsekuensi dapet soff belakang ituh, ampun berisiknya, Heh! beneran deh itu bocah-bocah cilik pada teriak-teriak, maen petak umpet, maen petasan, riwa-riwi, helllllo, gue sebagai manusia yang terus memperbaiki gerakan dan bacaan solat biar khusyuk, walhasil! hemmm, sah atau ngk nya hanya Allah yang tau.
Ini adalah faktor utama kenapa dari dulu saya sangat jarang sekali solat tarawih di Masjid.

Waktu gue kecil dulu jaman SD, selalu solat dirumah dengan kakek imamnya, makmumnya sih cuma gue dan nenek gue doang, dan omku gue yang umurnya cuma beda 2tahun lebih milih di Masjid ( gue rasa dia kagak solat, tapi sama yang kayak bocah-bocah tadi lakuin, brisikin orang solat ).
dan setelah kakek gue meninggalpun, gue masih solat tarawih dirumah dan kadang tarawih dirumah adiknya kakek sampe gue SMA. dan terakhir gue solat tarawih dimasjid itu ya SD ( kalo ngk salah deh ).

Pas SD kakek gue cerita, kalo kakek itu ngk suka solat di Masjid ( EITSS jangan salah persepsi dulu, simak dulu yah ), 
Tau kan kalo solat dimasjid itu pahalanya besar?? tapi solat dirumah berjamaah juga lebih baik. Katanya, sinarilah rumahmu dengan solat dan bacaan Al-Quran, setuju??

 tapi coba simak ini dikutip dari buku One The Way to Jannah Karangan Muhammad Amin

" Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kiamat. Serta tetap mendirikan solat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk ." ( QS At-Taubah 9;18)


Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah bersabda, "Maukah aku tunjukkan kepada kalian tentang perkara yang akan menghapuskan kesalahan-kesalahan dan juga mengangkat beberapa derajat?" Para sahabat menjawab, " Tentu, wahai Rasulullah ?" Beliau bersabda, " Menyempurnakan wudu pada saat yang tidak disukai, banyak melangkah kemasjid-masjid, dan menunggu shalat setelah melaksanakan salat. Maka itulah ar-tibath (berjuang di jalan Allah)." (HR Muslim)

dan pernah ngebaca juga ( tapi lupa sumbernya, entah buku entah media online )

bercerita tentang seseorang yang lebih suka kalo rumahnya jauh dari masjid, karena semakin jauh dari masjid, semakin lama perjalananya, semakin lama perjalanan yang ia tempuh maka semakin banyak pula pahala yang ia dapatkan setiap langkahnya, ,Masha allah .

back to topic,,

Sangat disarankan kan solat di masjid? kakek juga nyaranin solat dimasjid, tapiiiiii kalo abis solat dimasjid masih ngerumpi dimasjid, ngomongan orang dan tetek bengeknya bukan musyawarah untuk kemaslahatan, jadinya kan mudhorat, orang jadi nyeritain rumah tangganya disitu,  yahhh kita sebagai manusia kalo cerita pasti kan nyerempet sana sini kan??
kalo ada khutbah atau ceramah bukannya mendengarkan malah asyik ngoming sendiri, kadang yang kayak begini tuh perempuan, ngomongan semabako naik, anaknya, gosib selebritis lah,, kan??? malah ngk bermanfaat. tempat yang suci jadi kotor.

trus kalo solat tarawih bagi anak-anak, sebenernya niatnya itu mulia, biar anak mengenal masjid, tapi kalo ngk diawasin?? jadinya malah ganggu ibadah orang lain kan.

bocah-bocah malah maen 


so kata mbah kakung, solat aja dirumah,,
beneran deh rumah yang penghuninya rajin ibadah, ademmmm !! 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar