Abang-Abang Ice Cream

By Iamsyadh - 13:54:00

sumber google



Ada apa dengan abang -abang ice cream wall's keliling???
sebenernya bukan abang-abangnya sih, si abang cuma intermezzo nya, :P
kejadian berawal di hari sabtu 27 Juni 2015, siang menjelang sore hari, sibuk kerompyangan di dapur, tiba-tiba denger dah tuh si bapak pedagang ice cream keliling langganan. tiluliiit tiluliiit tilulitulilulit ( nyanyi dah )

sekilas : lebih suka beli di ice cream wall's keliling dari pada di minimarket, padahal minimarket deket rumah berceceran, tapi dengan kita beli di bapak-bapak keliling inih seenggaknya kita ngasih rejeki ke orang. Belinya juga ngk perlu bayar parkir dan tambahan sejenis pajak lainnya.

Dan kayaknya si bapak ini udah apal bgt, dia langsung berenti dan parkir pas pintu rumah gue buka ( kayaknya semua pedagang kalo denger pintu kebuka juga gitu deh hiahaha )
sambil jalan nyamperin ke sepedanya itu gang samping rumah sepi bocah, padahal tadi pas gue lagi berjibaku di dapur, bocah berisik bgt pada maenan, tapi pas gue beli ice cream kok bocah sepi, pada kemana dah??? cuma ada 1 bocah cewek ( sebut saja namanya cantik ), gue sibuk milih dia muterin gue ajah sambil ngemud jari,, dan ngecipris nanya abang ice cream.
Pas bayar kata abangnya :" sekalian aja neng, kembali 4000 nambah 1 lagi"
gue : ' yaudah deh bang yang mana aja?? ( sambil ngeliat si cantik yang terus merhatiin box ice cream ) "

yaudah lah yah, akhirnya gue kasih dah tuh ke sicantik , dia langsung girang sambil bilang "makasih yah tante ( sambil joget-joget) " dan dia langsung berlalu dengan riang sambil di gerak-gerakin ke atas kayak ngelambay pake ice cream

dannnnnnn dalam sekejapp

wurrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr, 5 bocah cewek jalan ngerubutin gue dan abang ice cream
sambil si cantik bilang  "aku dibeliin ice cream dong ama tante"
dan guehhhh, hemmmmm ajorrrrrrrr remuk berkeping - keping 
dan dari 5 bocah itu 2-3 diantara ngerengek minta dibeliin juga, tapi yang paling gede mungkin sekitar kelas 3/4 SD dan cuma dia yang paling gede (sebut aja si kuning, karna pas pake baju kuning) dia yang paling maksa minta dibeliin " ya tante ya tante 1 aja tante ya satu ajah"
kan apessss gueh, akhirnya semua gue kasih satu-satu, tapi si kuning ini emang brani dia, udah dikasih dia milih ngk mau ama yang gue dan si abng pilihkan, dia milih sendiri, dan gue paksa dengan jawaban " ngk bisa uangnya kurang cuma cukup ini doang "
dia baru nerima
tapi ada 1 anak kecil yang kiranya 4-5tahun ( sebut saja si sabrina karna pake baju model sabrina )
dia cuma diem, ngk ngomong atau minta malah jalan menjauh, gue panggil dia malah makin menghindar, dan baru ama salah satu temennya dikasih, dia baru mau.
dan dengan suara suara" tante makasih yah makasih ya tante "
dan gue berlalu masuk rumah sambil bilang yahhh sedekah bulan puasa semoga semakin berkah, ameen ameen.


Dari kejadian ini gue ampe mikir berhari-hari ( ceileh cuma senen ke minggu doang ) dan gue cerita ke suami, dia cuma ngakak doang.
bukan masalah uangnya, sama sekali bukan.
Gue cuma mikirin ke sopan santun.
Bagaimana sulitnya menanamkan sopan satun, etika ke anak perempuan dari kecil.
Gue yang dari kecil dibesarkan dikampung sama nenek dari SD-SMP-SMA, yang selalu diajarkan sopan santun, etika dan agama, berbicara yang sopan sama orang, yang sumeh blater ( saling menyapa sesama tentangga ), udah dicekokin dari kecil dari gue ngk bisa bahasa jawa sama sekali sampe gue bisa berbahasa jawa yang halus, walau ngk bahasa krama alus.
ngeliat kejaidian ini jadi berasa PR bgt sebagi calon ibu. 

komentar keras gue
ngeliat si kuning yang maksa minta ice cream kok kayaknya anak ini brani bgt yah, ngk sopan bgt, gue juga ngk kenal ama dia, baru ketemu juga detik itu, kalo ama si cantik gue udah sering ngobrol. tapi si kuning! sama sekali, dari penampilannya  juga, walau don't judge book by it cover"  tapi dia emang keliatan kalo anak yang demen maen, item keling dan rambutnya merah karna sering kena sengatan matahari ( bisa dibayangkan kan yah? ) maaf.
kalo emang dia udah tertanam sikap santun, kayaknya dia ngk akan berani minta ke orang asing, sebuah sikap kesopanan.
udah dikasih tapi masih ngk trima. brani milih lagi.
makin ngk sopan anak inih ( pikir gue)

komentar lemah gue
yaudah lah yah, namanya juga anak-anak, es 4000an x 6 juga ngk bakal bikin gue miskin, kan?? sedekah lah ini sedekah. 

gue juga ngebandingan antara si kuning dan si sabrina, dari penampilan si sabrina lebih kerawat, bersih  dan ngk lusuh, dia lebih pendiem. bukannya sok tau atau suuzon, tapi pasti dia juga udah di jejelin dikit dikit soal sopan santun, ya bukan berarti si kuning  ngk diajarin sopan santun, tapiii see, beginilah kejadiannya.


dan kejadian ini bikin gue bilang ama suami, 
" jadi bimbang kalo nanti mau kerja lagi, tapi anak di tiitpin ke baby sitter atau ke neneknya ( ya emak gue), jakarta keras, didikan rumah itu harus paling kuat dari didikan disekolah, mau sepinter dan setinggi apapun IQ nya kalo didikan dari rumahnya lemah??????. Selain bibit yang harus unggul. orang kalo sekolahnya tinggi tapi adat sopan santunnya kurang, orang lain juga minus liatnya. apalagi perempuan!"
pesen nenek gue yang selalu gue inget
 " sak ayu ayune wong wadhon, sak duwur-duwure sekolah, sak dhuwure pangkat pegawai neng sopane kurang, lambene elek, wong lanang nu yo wegah nyidhek , wong wadhone kuwi kudhu ayu lakone"

" Secantik-cantiknya perempuan, se tinggi-tingginya menuntut ilmu, setinggi pangkatnya jadi pegawai kalo sopan santunnya kurang, cara berbicaranya kurang, pria juga mikir-mikir kalo mau ngedeketin, perempuan itu harus cantik pribadinya"

Dan mari bagi ibu-ibu dan calon ibu, ajarkan sopan santun anak sejak kecil, walau anak selalu berfikir " mama-nenek cerewet deh " teruslah jejelin si anak dengan norma sopan santun.


selamat berpuasa



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar