Wedding Preparation Part 1

By Iamsyadh - 16:37:00

Pilih-Pilih Bahan Baju pengantin



Dan persiapan dimulai, langsung gerak cepat, seminggu kemudian gue, nyokap ama sih masbroh langsung meluncur, pertama sih ke toko kain deretan di D'best, taukan?. Tapi kita cuma Window shopping doang dan cusss langsung ke Pasar Mayestik, akhirnya. Kalo kata emak gueh sih kita surpei dulu aja mbak,, errrrrrr. Tapi sebelumnya aku ketempat penjahit langganan, konsultasi dulu. Nah, ini perlu nih buat para calon pengantin yang pengen jahit baju pengantin sendiri, lebih baik konsultasi dulu sama penjahit kita maunya kayak apa, bahannya modelnya dan segala macem, jadi pas ditoko kain, kita udah tau tuh, jenis kain dan kebutuhannya. Karna kadang ada beberapa jenis kain yang susah dibentuk sesuai apa yang kita mau, ada beberapa orang yang suka bahan udah nempel payetnya, tapi ada juga yang lebih suka payetnya dipasang terpisah, kalo aku sih lebih suka polos tanpa payet, berat kayaknya.

Toko langganan di mayestik sih Fancy sama de moda. Tapi bagi kalian-kalian yang hobby hunting-hunting dan bisa bandingin semua toko-toko disana, salut!, waktu itu saran penjahitku bilang kalo kain yg cocok dengan konsepku itu kain Prada. Aku belinya cukup murah permeternya 190rb. kalo yang perancis lebih mahal lagi, ingat budget ajah!. For your info kain prada itu yang motif kainnya timbul kayak bordiran, kalo brukat kan dia lebih datar toh!.
Dan untuk bahan bawahnya aku pilih bahan yang lebih tebel. Dan untuk bagian rok bawahnya pake bahan dutches, ( itu rekomendasi dari si mbak pegawai fancy, kamu baik bgt mbak, bahannya tebel dan agak sedikit ada glitter ).
inspirasi model gaun pengantin dapet dari instagram,



sumbernya sih masih sama instagram, nah karena liat baju yang motif kainnya timbul gitu si penjahitku ngerekomendasikan untuk kain prada :) .

taken by iamsyadh 21/12/14
Dan beginilah Teaser nya aja dulu, wkakakakakka



Untuk model baju pengantin aku memilih model gaun, sesuai konsep, warna broken white, no payet , no bling-bling. Baju Akad dan Resepsi 1 Baju, ngak ganti baju lagi cuma touch-up riasan sama ubah model jilbab yg lebih simple. Ini sekali lagi trik untuk meminimalisir budget ahhahha . Sebenernya sih tergantung sama itung-itungan masing-masing yah teman, aku bandingin harga yg aku keluarin untuk baju pengantin dan sepasang dan make-up.
  1. Sewa baju untuk paket 5jt ( baju pengantin sepasang akad+resepsi, baju orang tua 2 pasang, pendamping 4pasang ). Riasan pengantin standart, kalo dapet bagus ya bagus, kalo standart ya standart, kalo untuk make-up sebenernya yang agak ribet kan? kadang kita pengennya riasanya jangan yang ampe bedaknya medok, tahan lama, alat dan maek-up yg dipake juga merek bagus dan lain sebagainya. Nah makanya aku kemaren nyari tukang make-up sendiri. Back to baju. ini totalnya 4.5jtan, baju jadi milik sendiri model juga limited kan, hehehe, makeup juga bagus, alhamdulillah banyak yg suka ( maaf ya aku puji sendiri ) produk yg dipake juga merk bagus semua, sephora, nyx, dan masih banyak lagi, dan tergolong make up bagus semua, jadi ya sesuai lah, semboyan " Harga Sama Dengan Kualitas ". ini kemarin harga yg aku keluarin.
    created by iamsyadh
  2. Sebenernya gue sih banyak salah perhitungan di budgeting konstum, apalagi buat keluarga, kan dong,  Sebenenrya sih lebih murah kalo untuk seragam keluarga itu kita kasih bahan ajah, udah dah terserah itu mau dibuat jubah, selampe, apa rok mini sekalipun hohohoho. tapi ya karna waktu gue juga udah mepet bgt, walhasil cari yang udah jadi bae lah, dan ternyata, jebrettt. HALMAHERA Cuinnn, alias mahal, 1 orang ajah, kerudung, baju, dan rok/jarik kenanya 200rb, ada yg 150rb, karna beda beda kebutuhan, apalagi sodara jauh yang ngak tau dia bisa dateng apa kagak, dan dia prepare apa kagak, makanya sekalian beliin dah tuh manset ( daleman kaos ), makin bok nomboknya,, Yah sudahlah semoga menjadi berkah buat yang make, dan pahala buat gue, ameen , ameen, ameen. Karna kalo beli bahan ajah kita cuma ngasih brokat/lace 2m cari ajah yg permeter 25-30rbuan, banyak kok, apalagi pas lagi SALE dimayestik, ( ingat yah bagi yang menekan budget tapi masih mau seragam keluarga ). Dan untuk bawahan, kain batik atau motif songket,dan cari yang lagi di SALE, kebanyakan sih bahannya yang satin gituh, 2m juga cuma 50-30rb itu juga udah bagus. Kan lebih murah toh?. Untuk ongkos jahit sih ya masing-masing lah :O. Dan untuk nyari seragam keluarga ini gue bolak balik loh, ke Pasar Cipulir, Pasar Tanah Abang, Thamrin city. Yah sekalian dah cuci mata , dan buat para kalian-kalian, harap di rem banget laper matanya, jangan karna Mumpung Murah Mumpung Sale, jangan deh kalo bukan kebutuhan dibeli, ini yang bikin bengkak. Contohnya emak gue, karna Dress yang lagi musim waktu ituh, pasti tau deh, Ala-ala indiahe yang banyak bling -bling gold ituh, kan lagi In bgt tuh, pas harganya cuma 100rb, dan dari pada emak gue rewel bgt, dan Pusing pala barbie, yaudah beli ajah, padahal itu kepanjangan loh. Lah namanya juga wanita ( ntar di potong, gampang ) Wanita.!.

Next Printilan 

Souvenir

Next printilan pernikahan itu Souvenir. Aku nyari souvenir sih udah lama sebelom merried pun udah nyari-nyari di mbah google, budgetnya sih kalo bisa max 5000 yang bagus yang ada manfaat huahhahh, Paket murah :D .
Mulai dari Dompet, Placemate, dan Tas, karna kita pengennya yang ada gunanya. Nah pas searching-searching banyak banget yang punya toko di Pasar jatinegara. Karna semuanya sebelum hunting lokasi langsung, gue selalu nyari di mbah google dulu. Kalo dipasar jatinegara sih banyak bgt yang jualan souvenir pernikahan. Ngak cuma souvenir sih, ada juga seserahan, undangan juga ada. Dan akhirnya saya menemukan yang berguna dan murah yaitu tas blacu. Harga satuannya 6000 aku ambil cuma 550pc, jadi totalnya Rp 3.300.000. Kalo pesen 1000pc harganya lebih murah, tapi lupa berapa. desainnya cukup bagus, dan bahannya juga lumayan tebel kok.

Untuk model tas nya kayak apa, nanti bakal gue tambahin yah, maklum lah yoh, sang penulis menulis berdasarkan apa yang ada dikepala, ngk banyak yang dipersiapain, jadi kalo mau posting foto, harus obok-obok file duluh, dan untuk foto tas, tas souvenirnya mesti dicari dulu, wekekekkke. Back to topic.......

Buat yang mau ke jatinegara atau bahkan belom tau pasar jatinegara tuh posisinya dimana, pake aplikasi Maps yah, patokan yang bisa aku kasih bagi yang belom pernah menginjakkan kaki kesono atau yang udah tapi ngk tau dimanany, ini nih ( anggap kalian udah di lokasinya Pasar jatinegara ), gedungnya yang kuning ituh yah Jatinegara Trade Center. masuk ajah tuh, next ke lantai basment, atau kalian boleh lah nanya-nanya ama satpam disono, Ingat " malu bertanya sesat dijalan ". 

                                                                  sumber foto

foilllaaa beginilah lokasi didalamanya


 Sumber mbah google
dan selamat melakukan perburuan, tawar menawar harga.


Dan gue pun mumutuskan disatu toko yang nongolin banyak model tas-tas blacu, setelah tawar menawar mbaknya langsung ngasih kontak person Produsennya.
waktu itu sih gue dapet yang gudang pembuatannya di lenteng deket rumah, jadi pas ngambilnya juga ngk jauh-jauh amairrr, dikasih alamatnya disindang gurindang, 


 bagi yang minta boleh lah langsung menghubungi beliau, atau bagi yang emang senenx muter-muter nyari yah silahkan, dateng aja langsung ke pasar jatinegara, segala macam souvenir ada kok disono. harga sama dengan kualitas lah.




dannnnnnn sedikit demi sedikitpun printilan pernikahan terselesaikan,,,, next peritilan


2nd Printilan

Kartu Undangan

Kartu undangan salah satu pritilan yang tergolong barang mubazir, gimana gue ngk bilang mubazir, kita udah desain dan bayar mahal-mahal, belom lagi ongkos buat ngirim undangan, entah itu pake kurir Jne, atau minta bantuan orang buat nganter-nganter, cuma dibaca kapan tanggal nikah dan dimana lokasinya, udah gitu doang!. Ya emang sih jaman sekarang yang sosmed udah merajalela, undangan dalam semenit bisa menyebar ke ratusan bahkan ribuan orang. Tapi buat sodara-sodara yang udah sepuh??? yang minim teknologi, dan para tetangga??? dan belom lagi ngk tau dimana lokasinya, kalo ngk dikasih undangan. Tetep kan butuh undangan???.

Untuk menekan angka budget pengeluaran. Ini gue atur sendiri, Berdasarkan survey-survey harga 1 undangan itu bisa 5000-10000/pc itu yang standart yahhh. Nah biar ngk terlalu DSTD BGT alias standart banget dan pasaran, gue desain sendiri tuh kartu undangan. ( Percuma kuliah arsitek 4tahun ngabisin banyak duit dan kertas berlembar lembar kalo desain undangan sendiri aja kagak bisa , cueileeehhh )

bikinnya sih simple, cuma yah namnaya juga seniman wakkakka, bikinnya nemu mood dulu, hihahahahha
masih sama, sumber bikin desain undangan dari instagram, dan FYI instagram itu sumber info yang lebih lengkap dan cepat, foto-fotonya juga lebih beragam kan??

sumber instagram

sebenernya ada beberapa lagi, cuma lupa udah ngk ke save lagih

dan setelah berhari-hari dan bahkan berminggu-minggu akhirnya ini undangan jadi juga, itu juga karena udah dikejar-kejar ama mak bos.
tarrrrrrrrrrraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa 

created by iamsyadh

created by iamsyadh

hayooo tebak berapa biayanya???? cukup tejangkau

here it is...

created by iamsyadh
kan liat aja itu tanggal pembuatnnya tgl 24 November, padahal nikah tgl 21 desember, dan baru dicetak, ngokkkk bgt.
Kemaren cetaknya sih minta 300 ajah, ternyata jadinya malah 2x lipat, beneran, ampe sekarang nih sisanya masih ada karna emang jaidnya banyak bangetss. Ini maksudnya itu hasil cetakan bolak-balik yah, hasil kertasnya karton tebel di laminasi doff. Tambah plastik ama label sih 50ribuan lahhh, jadiiiii murahhhhh kan, masak 2juta buat dibuang gitu ajah, sayang bgt kan buat shopping - shopping lumayan tuhhh, hihihiihi
Bagi kalian yang emang mau bikin desain sendiri, sok atuh, lebih murah kan, dan model juga ngk pasaran. Tinggal ke tempat percetakan ajah, dan semua beressssss. Aku kasih referensi tempat percetakan di daerah ciputat, tempatnya juga mudah dijangkau ngk susah lah nyarinya.

dannnn undangan kelar.




salam manis


penulis

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar