Your Pregnancy Yoga Series - Prenatal Yoga

By Iamsyadh - 17:57:00

Your Pregnancy Yoga Series
Prenatal Yoga


Postingan sebelumnya aku udah posting mengenai senam hamil khususnya senam hamil. Kali ini aku mau sedikit share tentang Prenatal Yoga. Untuk prenatal yoga bisa dilakukan dirumah kok, tapi memang sebaiknya ada instruktur, karena gerakan – gerakan yoga itu ngk sembarangan, karena berkaitan dengan persendian. Tapi setelah aku googling sana sini, ternyata ada yang posting tentang prenatal yoga (lupa dapet dari blog mana) dan memberikan rekomendasi video ini. Gerakannya simple, mudah diikuti dan tidak banyak membuat posture tubuh nyeri atau kesulitan mempraktikannya. Untuk aku pribadi setelah mempraktikanya tidak merasakan nyeri atau sejenis kram lainnya keesokan harinya. Untuk kondisi tubuh normal atau tidak dalam kondisi hamil, yang jarang melakukan yoga biasanya akan merasakan nyeri dan kram keesokan harinya setelah dibuat tidur malam. Alhamdulillahnya gerakan prenatal yoga ini ngk membuat kram (jika dilakukan dengan benar dan sesuai instruksi). Prenatal yoga ini ada 5 session, setiap session durasinya 11menitan terdiri dari ±7 rangkaian posture ( jangan langsung bayangin wow banyak amat), seperti yang aku bilang sebelumnya, geraknnya simple dan mudah diiingat. 3x praktik ( 3hari berturut-turut) aku lumayan hafal, tapi tetep aja kalo setiap pagi latihan selalu nyalain laptop atau connect USB ke Tv untuk ingkutin aba-abanya.

Setelah beberapa kali latian, aku mulai bisa ngikutin ritmenya, dan menurut aku kuncinya ada di teknik pernafasannya. Berdasarkan instruksi si ibu katy ini, diawal gerakan selalu dimulai dengan tarik nafas panjang lewat hidung dan saat penutupnya dengan buang nafas. Maksudnya disini, kita ambil contoh gerakan pada session pertama dimana posisi tangan kiri berada disamping dengan posisi tangan menekuk dan tangan kanan berada disamping kanan. Saat tangan kanan mengayun dari bawah keatas saat itu juga kita menarik nafas dari hidung, dan ketika tangan sudah berada di atas sejajar dengan kepala, kita mulai mengayun kesamping kiri dan disertai dengan buang nafas (semoga ngerti maksudnya).

Dalam 1 session prenatal yoga aja, keringat yang keluar cukup membakar kalori. Coba bandingkan jika kita tidak menggunakan teknik pernafasan? Yang terjadi hanya ngos-ngosan dan kalori yang terbuang juga ngk maksimal. Sama halnya dengan senam hamil yang aku lakuin kemaren aku kombinasi dengan teknik pernafasan, kalo diperhatikan samping kanan-kiri aku biasa aja, ngk kayak aku lap-lap keringet padahal ruangannya ber AC loh (mungkin mereka pikir aku jorok, biarlah! ini bukannya sombong yah, tapi beneran loh bisa dipraktikkan sendiri).

Alhamdulillah setelah seminggu rutin dipraktikan tiap hari, aku mulai berkurang nyeri-nyerinya. Walau tetep ibu hamil akan merasa kesulitan kalo dari duduk dibawah trus bangun berdiri, tapi setidaknya berkurang nyerinya dan kalo malam tidur juga mulai nyenyak ^_^. Biasanya aku bisa bangun 3-4x buat benerin posisi bantal, kaki yang entah pengen ngelempar kemana. Tapi setelah rutin yoga kebangun cuma sekali kadang 2x tapi langsung bisa tidur, kalo sebelumnya dari melek kemerem lagi bisa 15-30 menit bayangin aja kalo kebangun 4x? dan ini yang bikin kalo solat subuh kesiangan kadang jam 5.45 (biasanya jam segitu udah terang tapi sekarang masih gelap).

Emang sih yah semuanya itu harus berpondasikan NIAT INGSUN. Awal-awal sih berat banget rasanya, yang males lah bangun pagi dan banyak banget alesan. Tapi semua itu setimpal sama apa yang kita dapetin kok, percaya deh. Emang sih ngk dari banguin pagi jam 6 aku langsung yoga, ngumpulnj niat dulu biasanya sih aku mulainya antara jam 8-9 setelah perut terisi susu, buah atau roti, tapi pernah juga deng yoga jam 11 siang huhehhee ^_* . Soalnya kalo pagi jam 7an si emak suka gembar-gembor suruh jalan aja depan rumah, tapi tetp akunya maen HP dikasur alesannya “ bentar ini mau yoga mak”. Padahal keduanya harus setiap hari dilakukan *_*!.

 Di sekitar jakarta sebenernya juga ada tempat yoga untuk ibu hamil, tapi jauh banget dari rumah !_! , yang aku pengen banget sebenernya di Nujuh Bulan Studio, lokasinya di bintaro, bisa cek langsung di www.nujuhbulan.com atau di IG @nujuhbulanstudi. Yang jadi wishlist banget sih sebenernya  “DOULA” jadi ini kayak terapi untuk mempersiapkan dan pendampingan persalinan efeknya mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses melahirkan. Ada juga Rumah yoga lamandau di blok M. Dan satu hal lagi yang lagi aku pelajari beberapa hari ini namanya Hypnobirthing. Untuk ulasan tentang hypnobirthing bakal aku post di postingan selanjutnya, ditunggu semuanya


Dan selamat mencoba Prenatal Yoga Semua berdasarkan Niat untuk bayi dan ibu sehat saat hamil, melahirkan dan pasca melahirkan, doakan aku juga yah. Terimakasih ^_^






  • Share:

You Might Also Like

0 komentar