Serba serbi solat tarawih

By Iamsyadh - 23:45:00



Alhamdulillah Puasa tinggal sehari lagi, tapi kali ini maaih mau bahas serba serbi solat tarawih. 

Mau shared pengalaman solat tarawih, kalo ini lebih ke cara dan type-type solat tarawih.

kali ini solat tarawih di Purworejo, padahal pengen bgt kalo tarawih tetakhir di puasa kali ini itu khusyuk lah yah, tapi apa daya, ilmu dan keimanan saya yang masih belajar, masih susah sekali untuk benar-benar khusyuk.

Solat tarawihnya di mesjid kampung yang sederhana. Pria dan wanita cuma dipisahkan dengan hijab dari kain setinggi kepala orang dewasa, yah jadi kalo liat baris orang laki-laki kliatan lah bayangannya.

Dan para jemaahnya kebanyakan para wanita-wanita sepuh, yang sekira umur 50an bisa diitung jari, karna solatnya cuma 4baris, yg setiap baris berisi 10-12jemaah. Jadi yah emang diikit untuk ukuran solat tarawih berjamaah di masjid dan hari terakhir pula.
Usia muda dan para abg juga bisa diitung jari, emang dikit 😓😤.

Solatnya ngk khusyuk, yah bukan nyalahin Imam-nya, tapi ya gimana yah, emang itu penyebab utamanya. 
Intermezzo dari topik tarawih, pernah singgah solat magrib pas bulan puasa di masjid Sunda Kelapa, dan itu asli, sajadahnya bersih dan suara imam baca suratnya merdu banget, kayak dari imam di arab ( belom pernah ke arab, cuma pernah liat di tv solat tarawih di arab, dan tau kan gimana sang imam membacakan suratnya ayat demi ayat??? Dan begitulah kiranya solat di masjid sunda kelapa, bagi yang belom pernah ان شاءاللهّ di ramadhan tahun depan cobain deh kesana, di Masjid Cut Mutia juga, sajadah dan mukenanya wangiii bgt, solat jadi nyaman dan khusyuk bgt, hehehe)
Nah karna imamnya enak bgt bacaanya jadi betah deh solatnya walau lama, karna ngk ngebosenin dengernya.
Nahhhhhhhhhhhh, pas solat dikampungggggg suami ini, huft, ngk tau itu imamnya baca surat apa, beneran deh.
Don't judge book by it cover, jangan menilai pak imam solat dari suaranya

Tapi dari suaranya aja terdengar bacaan suratnya nyeret, tau ngk maksudnya nyeret?? Kayak ngk ada jeda dan spasi, lafaz nya juga ngk jelas, maaafff bgt, kayak ompong gituh, pernah denger org ompong bicara? Yak kurang lebih seperti ituh. 
Solatnya cepet, sampe gue liatin ke jam 2rokaat solat tarawih itu berapa menit, dan ternyata cuma 2menit, kurang malah, kayak cuma 1 menit 45 detik. Solat jam 20.45 kelar jam 21.20 23rokaat + witir, cepet loh, padahal yg jadi imam itu udah lumayan sepuh dan para jemaah nya juga sepuh, dengan intonasi solat yg cepet para jemaah juga bisa ngikutin, amazing.
Dan ada lagi, sang imam waktu me-lafaz-kan takbir dari sujud ke berdiri sedekap rokaat kedua, bacaan "allah hu akbar" pendek.  Sedangkan yang biasa gue denger dan peragakan sampai saat ini ( koreksi jika salah) selalu dibaca panjang
"Allah...... Hu akbar ( dibaca dari bangun sujud ke posisi berdiri sedekap ke rokaat ke dua) , itu yang biasa gue praktikkan dan dengar dimana-mana para imam.
Karna sang imam baca takbirnya pendek, para jemaah dari sujud langsung duduk tasyahud akhir/duduk diantara dua sujud,. 
Itu kan tandanya para jemaah yang lain solatnya juga ngk khusyuk, jiahahahhaha sama berarti ngk gue doang.

Sejauh ini, yang masih menjadi top score imam solat buat gue tetep bokap gue. Claps your hand epribadehhhhhh ( prok prok prok)

Dan bokap kalo imamin solat, aslik! Lama! Eh khusyuk ding kamsudnya 😁😬.
Kalo solat tarawih sama bapak itu 11 rokaat udah sama witir. Berarti 8 rokaat tarawih, 4 rokaat solat isya', solat dimulai jam /8. Kelar solat jam 9. Huffftt gobyoss keringetan 15 rokaat 1.5 jam itu udah doa juga, dan doanya juga bukan bacaan yang puanjangggg, tapi khusyuk, suratnya setiap ayat berasa lagi denger orang qiroat.

Kalo kata bapake solat itu yang dicari khusyuknya, kalo cuma ngejar banyak doang  bukan ibadah yang ihklas dong?? karna pada umumya orang kalo banyak rakaat cepet capek duluan dan jadi ngk khusyuk, kalo sedikit tapi pelan dan bacaan jelas, ان شاءاللهّ lebih mustajab. Hasssseeekkk dah.

Dan sekiranya begitulah serba serbi solat tarawih.
ان شاءاللهّ kita dipertemukan kembali di Ramadhan tahun depan, ameen ameen ameen ya allah ya robbal alamin.

Taqoballallahhu minal wamingkum
Minal aidin wal faizin 
Mohon maaf lahir batin

Happy ied mubarok


Sya'dah

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar